•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Document Type

Article

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan teknologi pembelajaran melalui tugas pembuatan media berbasis komputer. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tindakan dalam siklus I adalah pemberian tugas kepada mahasiswa untuk membuat program komputer dalam bahasa Pascal berkaitan dengan masalah sehari-hari. Berdasarkan refleksi siklus I, maka dalam tindakan siklus II mahasiswa diberi tugas membuat media pembelajaran berbasis komputer, yang materinya merupakan pengembangan program yang telah disusun dalam siklus I. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan teknologi pembelajaran yang ditunjukkan dengan adanya media pembelajaran berbasis komputer yang telah disusun mahasiswa. Sebanyak 87% mahasiswa mendapatkan nilai minimal B- atas tugas tersebut. Dukungan adanya peningkatan penguasaan teknologi pembelajaran juga diketahui dari 88% mahasiswa memberikan respon positif atas hal tersebut. Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan teknologi pembelajaran juga disertai dengan peningkatan hasil belajar dalam mata kuliah Pemrograman Komputer, yang ditunjukkan dengan 79% mahasiswa mendapat nilai akhir minimal B-.
Kata kunci : tindakan kelas, teknologi pembelajaran, media berbasis komputer.

Page Range

26-37

Issue

2

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v3i2.667

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/667

References

Henniger, Michael L. 2004. The teaching experience. An introduction to reflective practice. Merrill Prentice Hall, New Jersey.

Kemmis, S dan McTaggart. 1982. The Action Reseach Planner. Victoria: Deakin University.

Marcelino, M; Gomes, A; Dimitrov, N; Mendes, A. 2004. Using a computer-based interactive system for the development of basic algorithmic and programming skills. International Conference on Computer Systems and Technologies –CompSysTech. http://ecet.ecs.ru.acad.bg/cst04/Docs/sIV/48.pdf. Diakses tanggal 26 Nopember 2006.

Merill, Paul F. 1995. Computer for education. New Jersey: Merill Prentice Hall.
Min Hu, 2003. A case study in teaching adult students computer programming.

Proceedings of the 16th Annual NACCQ, Palmerston North New Zealand

Moh Uzer Usman. 2002. Menjadi guru profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nana sudjana & Ahmad Rivai. 2002. Media pembelajaran. Bandung; Sinar Baru Algensindo.

Newby, T.J., Stepich, D.A., Lehman, J.D., & Russell, J.D. 2000. Instructional Technology for Teaching and Learning. Design Instruction, Integrating Computers, and Using Media. Second edition. Prentice Hall, New Jersey.

Oemar Hamalik, 1989. Media Pendidikan. Bandung, PT Citra Aditya Bakti.

Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suratinah Tirtonegoro, 1984. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Utami Munandar, 1992. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yusufhadi Miarso.2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Prenada Media, Jakarta.

Share

COinS