•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat mahasiswa dalam matakuliah Kalkulus Diferensial dengan menggunakan program Maple .Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan mengambil langkah-langkah : observasi awal, perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan ini berulang dalam 3 siklus, dengan tindakan perkuliahan yang disertai dengan praktikum komputer dengan program Maple. Instrumen penelitian terdiri dari tes prestasi belajar, lembar observasi dan angket minat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada siklus I dosen telah mengupayakan terlaksananya pembelajaran yang baik, namun keberanian mahasiswa untuk mengemukakan pendapat dan pertanyaan, diskusi untuk menyelesaikan masalah masih dalam taraf cukup. Dalam pelaksanaan praktikum keterampilan mahasiswa mengoperasikan komputer dengan Maple, menggambar grafik, keberanian bereksplorasi masih dalam taraf cukup, karena mengoperasikan komputer dengan program Maple masih relatif baru bagi mahasiswa.(2) Pada siklus II dan III dosen telah mengupayakan terlaksananya pembelajaran yang baik, keberanian mahasiswa untuk mengemukakan pendapat, pertanyaan, dan diskusi untuk menyelesaikan masalah sudah mencapai taraf baik. Dalam pelaksanaan praktikum keterampilan mahasiswa mengoperasikan komputer dengan Maple, keberanian bereksplorasi juga pada taraf yang baik. (3) Pembelajaran Kalkulus Diferensial dengan program Maple dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, dengan tercapainya pembelajaran tuntas pada kelas Kalkulus Diferensial dan hasil akhir yang memuaskan, yakni 89,28% mahasiswa yang mencapai nilai minimal B+. (4) Mahasiswa berminat terhadap pembelajaran Kalkulus Diferensial dengan menggunakan program Maple.
Kata kunci: Peningkatan Prestasi, Kalkulus Diferensial, Program Maple

Page Range

29-42

Issue

1

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v3i1.640

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/640

References

Abdul Malik, M. (2000). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SMUN Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2000/2001. Skripsi. FIP UNY.

Ahmad Tanthowi. (1991). Psikologi Pendidikan. Bandung : Angkasa. Anonim. 2001. Classical Theories: Idealism and Real.

http://www.members.tripod.com/vwals/internet.htm

---------. Kurikulum FMIPA. 2000. Universitas Negeri Yogyakarta.

Azhar Arsyad. 2000. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Eggen, Paul D & Kauchack, Donald. 1988. Strategies for Teachers. Teaching Content and Thinking Skills. New Yersey: Prentise Hall, Englewood Cliffs.

Kartini Kartono. (1986). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.
Kemmis, S dan MacTaggart. 1982. The Action Research Planner. Victoria : Deakin University.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. 1997. Teknologi Pengajaran. Bandung. Sinar Baru.

Pamuntjak R.J ,dkk. 2002. Pelatihan Intensif Maple Interaktif untuk Pengajaran Kalkulus. (Worksheet). Departemen Matematika FMIPA ITB.

Suryobroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Renika Cipta.
Tim Pelatihan Tindakan. 1999. Kumpulan Materi Penelitian Tindakan (Action Research). Universitas Negeri Yogyakarta.

Tommy Suprapto. 2004. Pengembangan Media Cetak untuk Pembelajaran. Makalah. Disampaikan pada Lokakarya Pengembangan Media Matematika Sekolah di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Share

COinS