•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

Bahan ajar, kontekstual

Document Type

Article

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan efektif dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima langkah pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan bahan ajar ini penting untuk memfasilitas siswa dalam membangun pemahaman dan kebermaknaan dalam belajar matematika yang terjadi ketika siswa memahami keterkaitan antara suatu pengetahuan dengan pengetahuan lain atau dengan konteks kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual dilaksanakan dengan strategi REACT yang terdiri atas lima aktivitas produktif, yaitu relating (mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks), experiencing (melakukan eksplorasi untuk menemukan konsep atau pengetahuan), applying (menerapkan pengetahuan yang telah dikonstruksi), cooperating (bekerjasama untuk menyelesaikan masalah), dan transferring (menerapkan pengetahuan pada situasi atau masalah baru). Struktur penyajian bahan ajar ini diawali dengan penyajian konteks atau masalah yang sesuai dengan suatu konsep. Pemahaman dan penyelesaian terhadap masalah tersebut dijadikan dasar untuk membahas konsep-konsep matematis. Bahan ajar juga dilengkapi dengan berbagai soal-soal latihan yang berupa masalah kontekstual untuk memfasilitasi siswa untuk mengaplikasikan konsep. Insrumen penelitian ini adalah lembar kevalidan bahan ajar, angket kepraktisan bahan ajar, angket respon siswa terhadap bahan ajar, dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis kontekstual yang valid, efektif, dan praktis.

Page Range

368-376

Issue

2

Volume

17

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pythagoras.v17i2.26986

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/26986

References

Barmby, P., Harries, T., Higgins, S.,& Suggate, J. (2007). How Can We Assess Mathematical Understanding?. In Woo, J.H., Lew, H.C., Park, K.S. & Seo, D.Y. (Eds.). Proceeding of the 31th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol. 2, pp. 41 - 48. Seoul: PME

CORD, (1999). Teaching Science Contextually, CORD Communications, Inc., Waco, Texas, USA.

Crawford, M.L. 2001. Teaching Contextually. Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Texas, USA: CCI Publishing, Inc.

Department of Education, 2003. National Curriculum statement Grades 10-12 (general)Mathematical Literacy. Pretoria: Government Printers

Honebein, P. (1996). Seven goals for the design of Constructivist learning environments. In B. Wilson, Constructivist learning environments, pp. 17-24. New Jersey: Educational Technology Publications

Ismat, A. (1998). Constructivism in Teacher Education: Consideration for Those WhoWould link Practice to Theory. ERIC Clearinghouse on Teaching and Teacher Education Washington DC

Jacob, E. (1997). Context and cognition: Implications for Educational Innovations and Anthropologists. Anthropology & Education Quarterly 28 (1): 3-21.

Johnson, E.B. (2002). Contextual Teaching and Learning. Tousand Oaks, CA: Corwin Press

McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press

Mthethwa, T.M. 2007. Teacher's Views on The Role of Context in Mathematical Literacy. Thesis Masters of Science in University of the Witwatersrand, Johannesburg

Permendikbud No. 24 Tahun 2014. Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Skemp, R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20 - 26.

The Partnership for 21st Century Skills. hLearning. [Online]. Tersedia:

Ultay, N. & Durugan, U.G. 2014. Determination of Student Teachers' Views about REACT Strategy. The Eurasia Proceedings of Educational & Social Sciences (EPESS), 2014 Volume 1, Pages 298-30

Von Glasersfeld, E. (1987).Learning as a constructive activity. In C. Janvier, Problems of representation in the teaching and learning of mathematics, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. pp.3-17

Share

COinS