•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

Metode pembelajaran halaqah, etnomatematika, pembelajaran program liniear, halaqoh learning method, ethnomathematics, linier program learning

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan metode pembelajaran halaqah berbasis etnomatematika pada kelas program linier untuk membantu mahasiswa memahami penyelesaian masalah transportasi. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tahap define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk menilai kevalidan, angket untuk menilai kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk menilai keefektifan metode pembelajaran halaqah berbasis etnomatematika. Penelitian menghasilkan metode pembelajaran yang terdiri dari empat tahapan. Tahap pertama yaitu pemilihan kompetensi dan materi berbasis etnomatematika, dan kompetensi terkait pemahaman penyelesaian masalah transportasi dengan konteks berupa pembiayaan transportasi pembuatan baju tradisional Kopa etnis Dayak Kualant. Tahap kedua, pembentukan halaqah yaitu dengan posisi melingkar, kemudian pemilihan mahasiswa yang berkemampuan tinggi sebagai pembimbing, dilanjutkan ta'aruf dengan penuh keakraban. Tahap ketiga, kegiatan pembelajaran yaitu pemahaman materi yang terdiri dari pembukaan, landasan ide pokok materi transportasi. Tahap keempat, kegiatan silaturahmi di luar pembelajaran sekaligus mengevaluasi dan mempererat persaudaraan mahasiswa sebagai teman diskusi. Berdasarkan penilaian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan disimpulkan bahwa metode pembelajaran halaqah berbasis etnomatematika yang dikembangkan layak digunakan dan dapat dilanjutkan ke uji coba dalam skala besar.

Development of ethnomathematics-based halaqah learning methods to understand the solving of transportation problem in linear program courses

Abstract

The purpose of this study was to produce an ethnomathematics-based halaqah learning method in a linear program course to help students understand solving transportation problems. This research and development consisted of the define, design, and development stages. The research instrument used was a validation sheet to assess the validity, a questionnaire to assess practi­cality, and a test to assess the effectiveness of the ethnomathematics-based halaqah learning method. The research resulted in a learning method consisting of four stages. The first stage was selecting ethnomathematics-based competencies and materials and competencies related to understanding transportation problem-solving in the context of financing the production of the traditional clothing of Kopa Dayak Kualant ethnic. The second stage, the formation of the hala­qah, namely in a circular position, then selects highly capable students as guides, followed by ta'aruf with full intimacy. The third stage was learning activities, namely understanding the material consisting of opening, the basic idea of transportation material. The fourth stage was activities outside of learning and evaluating and strengthening students' brotherhood as dis­cussion partners. Based on the assessment of the validity, practicality, and effectiveness, it could be concluded that the ethnomathematics-based halaqah learning method developed was sui­table for use and could be continued in large-scale trials.

Page Range

216 - 226

Issue

2

Volume

15

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v15i2.36432

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/36432

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Abidin, Z. (2016). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis portofolio (PMBP) pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 79-102. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i1.209

Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p

Amirudin, A., Munda, S. N., Saemina, S., & Alwi, W. O. M. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui penerapan pembelajaran model halaqah pada siswa kelas VIII SMPN 15 Kendari. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah, pp. 27-32. http://pdsunp.ppj.unp.ac.id/index.php/PDSUNP/article/view/5

Dalimunthe, A. Y. (2019). Halaqah dan munazharah warisan pendidikan islam klasik. Forum Paedagogik, 11(1), 15-26. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/1775/1529

Haran, A., Hartoyo, A., & Sayu, S. (2019). Etnomatematika dalam merangkai manik masyarakat Dayak Kayaan Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 1-8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31952

Hariastuti, R. M. (2017). Permainan tebak-tebak buah manggis: Sebuah inovasi pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.776

Hartono, H., & Saputro, M. (2019). Ethnomathematics on Dayak tabun traditional tools for school mathematics learning. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(3), 80-86. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i3.24

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi etnomatematika pada budaya masyarakat Dayak perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23.

Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika dalam membangun pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 183-191. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.29609

Junaidi, K. (2016). Sistem pendidikan pondok pesantren di Indonesia (suatu kajian sistem kurikulum di Pondok Pesantren Lirboyo). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 95-110.

Kumalasari, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah kapita selekta matematika sekolah menengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 16-27. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7147

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119-126. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228

Muchtadi, M., Hartono, H., & Oktaviana, D. (2017). Hubungan aktivitas dan respon terhadap hasil belajar program linier setelah diterapkan pembelajaran genius learning pada program studi pendidikan matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 45-55. https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.668

Mujizatullah, M. (2018). Metode pengajian kitab pada Pondok Pesantren Salafiyah Darul Muttaqin Mannanti Kabupaten Sinjai. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 1-10. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/3643

Munawwir, A. W. (1997). Kamus al-munawwir Arab-Indonesia. Pustaka Progresif.

Muslimin, A. (2016). Implementasi metode halaqah dan resitasi dalam tahfidz Al-Quran di SDIT El - Haq Banjarsari Buduran Sidoarjo. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 55-62. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.164

Nashir, A., & Halib, A. (2017). Sistem pembinaan halaqah terhadap kecerdasan emosional santri di markaz tahfidz Alquran Al-Birr. Jurnal Tarbawi, 1(2), 85-93. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.361

Octaria, D., & Puspasari, E. F. (2018). Peningkatan self-efficacy mahasiswa melalui problem based learning (PBL) pada mata kuliah program linier. Jurnal Elemen, 4(1), 66-79. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.496

Oktaviana, D. (2018). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22-32. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di balik kerajinan anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80-89. https://doi.org/10.24843/JMAT.2014.v04.i02.p47

Putri, L. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Unissula, 4(1), 21-31. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.4.1.%25p

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah program linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 39-46. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1569

Soleh, A., Maya, R., & Priyatna, M. (2018). Metode halaqah dalam pembelajaran tahfidz Al-quran di Pondok Pesantren Tahfidz Alquran Darussunnah Parung Kabupaten Bogor tahun 2018. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, pp. 43-52. http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v1i2.408

Sulianto, J. (2008). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14-25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555

Tanjungsari, R. D., Soedjoko, E., & Mashuri, M. (2012). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP pada materi persamaan garis lurus. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1), 52-57. https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.261

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Indiana University.

Umam, A. B., Alimron, A., & Sukirman, S. (2020). Pelaksanaan model halaqah pendidikan agama islam di Surau Kelurahan 13 Ulu Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(3), 309-319. https://doi.org/10.19109/pairf.v2i3.5552

Yudhaskara, H., & Tjahyaningtyas, R. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada standar kompetensi melakukan instalasi sofware di SMK Gama Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Tehnik Elektro, 5(3), 891-896. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/16481

Share

COinS