•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

Model M/M/S, analisis keefektifan, kontrol kedatangan, threshold optimal

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sistem antrean yang efektif dengan mempertimbangkan biaya dan kontrol kedatangan pasien pada fasilitas kesehatan: Puskesmas Ungaran, Semarang. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif berupa waktu kedatangan pasien, waktu pelayanan pasien, jumlah pasien, dan jumlah pelayan. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menganalisis steady state dari sistem antrean, ukuran kinerja pada sistem antrean, keefektifan sistem antrean dengan pertimbangan biaya (cost), dan keefektifan sistem antrean dengan pertimbangan kontrol pada kedatangan pasien. Hasil analisis sistem antrean pada kedatangan pasien di loket pendaftaran, ruang dokter, dan loket apotek merupakan proses Poisson, sedangkan pelayanan pasien berdistribusi eksponensial. Jumlah pelayan dan biaya yang efektif pada masing-masing sistem antrean adalah dua pelayan dengan biaya Rp59.513 pada loket pendaftaran; empat pelayan dengan biaya Rp141.864 pada ruang dokter; dan satu pelayan dengan biaya Rp23.885 pada loket apotek. Rerata jumlah pasien dalam antrean dan sistem antrean masing-masing adalah dua pasien dan lima pasien. Rerata waktu pasien menunggu di dalam antrean maupun sistem antrean adalah 1,937 menit dan 8,883 menit. Lebih lanjut, ketika dilakukan kontrol pada kedatangan pasien, maka jumlah pasien yang diterima akan meningkat ketika biaya yang dibutuhkan puskesmas dalam menerima pasien diperbesar.

Determination of the queuing system by considering costs and patient arrival control: A case study at Puskesmas Ungaran Semarang

Abstract

The study aimed to determine an effective queuing system by considering costs and control of patient arrival at a health facility: Puskesmas Ungaran, Semarang, Indonesia. The study used quantitative data in patient arrival time, patient service time, number of patients, and number of servants. The stages carried out were analyzing the steady-state of the queuing system, performance measures of the queuing system, the effectiveness of the queuing system by considering costs, and the effectiveness of the queuing system by considering control of patient arrival. The result of the queuing system analysis at the arrival of the patient at the registration counter, doctor's office, and pharmacy counter was a Poisson process, while patient service has an exponential distribution. The number of servants and costs in each of the effective queuing systems was two servants with costs 59,513 IDR at the registration counter; four servants with costs 141,864 IDR at the doctor's office; and one servant with costs 23,885 IDR at the pharmacy counter. The average number of patients in the queue and queue system was two patients and five patients, respectively. The average time for patients to wait in the queue and queue system was 1.937 minutes and 8.883 minutes. Furthermore, when the patient arrival was controlled, the number of patients accepted will increase when the health center's costs to receive patients were increased.

Page Range

165 - 177

Issue

2

Volume

15

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v15i2.35403

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/35403

References

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Indonesia 2020 (Statistical yearbook of Indonesia 2020). Author.

Ertiningsih, D., Bhulai, S., & Spieksma, F. (2018). A novel use of value iteration for deriving bounds for threshold and switching curve optimal policies. Naval Research Logistic, 65(8), 638-659. https://doi.org/10.1002/nav.21824

Heizer, J., & Render, B. (2011). Operations management (10th ed.). Pearson.

Ibe, O. C. (2013). Markov processes for stochastic modeling (2nd ed.). Elsevier Insights.

Iqbal, M. (2011). Analisis kinerja sistem: Pendekatan teori dan praktek (Edisi kesatu). Gunadarma

Kabir, S. M. (2016). Basic guidelines for research: An introductory approach for all disciplines (1st ed.). Book Zone Publication.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Data dasar puskesmas: Kondisi 31 Desember 2018. Author. https://pusdatin.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-data-dasar-puskesmas.html

Kementerian PPN/Bappenas. (2018). Penguatan pelayanan kesehatan dasar di puskesmas. Author. https://www.bappenas.go.id/id/profil-bappenas/unit-kerja/deputi-sdm/dit-kgm/contents-direktorat-kesehatan-dan-gizi-masyarakat/penguatan-pelayanan-kesehatan-dasar-di-puskesmas/

Lakshmi, C., & Iyer, S. A. (2013). Application of queueing theory in health care: A literature review. Operations Research for Health Care, 2(1-2), 25-39. https://doi.org/10.1016/j.orhc.2013.03.002

Mehandiratta, R. (2011). Applications of queuing theory in health care. International Journal of Computing and Business Research, 2(2), 1-11. http://www.researchmanuscripts.com/PapersVol2N2/IJCBRVOL2N2P9.pdf

Nasution, A. S., & Mutia, S. (2017). Analisis sistem antrian pada loket pendaftaran pasien di Puskesmas Padang Pasir Kecamatan Padang Barat. Jurnal Sains dan Teknologi, 17(2), 120-125. http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v17i2.70

Robiati, P. (2015). Analisis sistem antrian seri pada fasilitas pelayanan kesehatan dan optimalisasinya: Studi kasus di Puskesmas Ungaran, Kabupaten Semarang [Undergraduate's thesis, Universitas Negeri Semarang]. UNNES Repository. https://lib.unnes.ac.id/21606/

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2019, Maret 15). Naik per 1 januari 2019, inilah besaran gaji baru PNS. https://setkab.go.id/naik-per-1-januari-2019-inilah-besaran-gaji-baru-pns/

Shortle, J. F., Thompson, J. M., Gross, D., & Harris, C. M. (2018). Fundamental of queueing theory (5th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Sofyan, D. K., Amri, A., & Aziz, A. (2019). Penerapan sistem antrian pada fasilitas pelayanan pada fasilitas pelayanan pada loket pengembilan obat. Jurnal Optimalisasi, 5(1), 20-31. https://doi.org/10.35308/jopt.v5i1.818

Tiwari, S. K., Gupta, V. K., & Joshi, T. N. (2015). M/M/S queueing theory model to solve waiting line and to minimize estimated total cost. International Journal of Science and Research, 5(5), 1901-1904. https://www.ijsr.net/get_abstract.php?paper_id=20051603

Wati, R. (2017). Sistem antrian pelayanan pasien pada Puskesmas Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan dengan menggunakan metode waiting line. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 91-96. https://doi.org/10.33480/techno.v14i2.190

Share

COinS