•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

Analisis Kesalahan, kriteria Watson, soal cerita matematika, error analysis, Watson's criteria, mathematical word problem

Document Type

Article

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 44 siswa kelas VII MTs Yapik Sindangjawa, Cirebon sebagai subjek penelitian. Data jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika diperoleh melalui tes penyelesaian masalah berbentuk soal cerita matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dalam penelitian ini melakukan kesalahan yang bervariasi dari delapan jenis kesalahan yang ada pada kriteria Watson. Jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa adalah Inappropriate Procedure (IP) yaitu prosedur yang digunakan tidak tepat, Omitted Conclusion (OC) yaitu tidak menuliskan kesimpulan, dan Above Other (AO) yaitu kesalahan lainnya seperti tidak mengerjakan soal. Adapun jenis kesalahan yang jarang dilakukan oleh siswa adalah Response Level Conflict (RLC) yaitu siswa berusaha menyelesaikan soal, namun menghasilkan kesimpulan yang kurang logis. Beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah siswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan, kurangnya waktu dalam mengerjakan semua soal tes, dan siswa menganggap bahwa soal cerita merupakan soal yang sulit untuk diselesaikan.

Analysis of students' errors in solving mathematical word problems based on Watson's criteria

Abstract

This study aimed to describe the errors made by students in solving mathematical word problems according to Watson's criteria as well as factors that cause students to do that errors. This study was a qualitative descriptive study involved 44 seventh graders of MTs Yapik Sindangjawa, Cirebon, Indonesia as the subjects of this study. Data of error types and factors that lead students to do such errors in solving mathematical word problems were collected using the test of solving mathematical word problems and interview guidelines. The results showed that the subjects made various errors from the eight types of errors that exist in Watson's criteria. The types of errors that often made by students were Inappropriate Procedure (IP) namely using inappropriate procedures; Omitted Conclusion (OC) namely students not writing conclusions; and Above Other (AO) namely making other mistakes such as not giving a response towards the given problem. The type of error that was rarely made by students was Response Level Conflict (RLC), where students try to solve the problem but produce less logical conclusions. Some of the factors that cause students to do some errors in solving mathematical word problems namely students do not know the formula to be used to solve the given problems, lack of time to solve all problems of the test, and students think that the mathematical word problem was difficult to be solved.

Page Range

24-35

Issue

1

Volume

15

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v15i1.26534

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/26534

References

Amir, Z. (2015). Mengungkap seni bermatematika dalam pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60-76. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364

Budiyono, B. (2008). Kesalahan mengerjakan soal cerita dalam pembelajaran matematika. Pedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 1-8. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v11i1.35977

Fadillah, S. (2016). Analisis miskonsepsi siswa SMP dalam materi perbandingan dengan menggunakan certainty of response index (CRI). Jurnal Pendidkan Informatika dan Sains, 5(2), 247-259. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i2.349

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving higher-order thinking skills problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520-532. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.520

Haghverdi, M., Semnani, A. S., & Seifi, M. (2012). The relationship between different kinds of students' errors and the knowledge required to solve mathematics word problems. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 26(42B), 649-665. https://doi.org/10.1590/S0103-636X2012000200012

Hanifah, E. H. (2011). Identifikasi kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan metode analisis kesalahan Newman (studi kasus SMP Bina Bangsa Surabaya) [Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/9339/

Haryani, D. (2011). Pembiasaan berpikir kritis dalam belajar matematika sebagai upaya pembentukan individu yang kritis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 127-132). http://eprints.uny.ac.id/7182/1/PM-17 - Desti Haryani.pdf

Jitendra, A. K., Petersen-Brown, S., Lein, A. E., Zaslofsky, A. F., Kunkel, A. K., Jung, P. G., & Egan, A. M. (2015). Teaching mathematical word problem solving: The quality of evidence for strategy instruction priming the problem structure. Journal of Learning Disabilities, 48(1), 51-72. https://doi.org/10.1177/0022219413487408

Johar, R., & Lubis, K. R. (2018). The analysis of students' mathematical representation errors in solving word problem related to graph. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96-107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.17277

Nursuprianah, I., & Nisa, N. H. (2013). Pengaruh pemahaman konsep aritmatika terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa (Studi kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes). EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2), 1-15. https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.39

Pongsakdi, N., Kajamies, A., Veermans, K., Lertola, K., Vauras, M., & Lehtinen, E. (2020). What makes mathematical word problem solving challenging? Exploring the roles of word problem characteristics, text comprehension, and arithmetic skills. ZDM - Mathematics Education, 52(1), 33-44. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01118-9

Pradini, W. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33-45. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481

Rafi, I., & Retnawati, H. (2018). What are the common errors made by students in solving logarithm problems? Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 1-9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012157

Ratna, I., Muchyidin, A., & Rahardjo, H. (2018). Analisis miskonsepsi siswa pada konsep geometri menggunakan three-tier diagnostic test. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223-236. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.14493

Retnawati, H., Kartowagiran, B., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih, E. (2017). Why are the mathematics national examination items difficult and what is teachers' strategy to overcome it? International Journal of Instruction, 10(3), 257-276. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10317a

Sajadi, M., Amiripour, P., & Rostamy-Malkhalifeh, M. (2013). The examining mathematical word problems solving ability under efficient representation aspect. Mathematics Education Trends and Research, 2013(1), 1-11. https://www.ispacs.com/journals/metr/2013/metr-00007/article.pdf

Salemeh, Z., & Etchells, M. J. (2016). A case study: Sources of difficulties in solving word problems in an international private school. Electronic International Journal of Education, Arts, and Science, 2(Special Issue), 149-163. http://www.eijeas.com/index.php/EIJEAS/article/view/88

Sari, L. N. I., Ferdiani, R. D., & Yuwono, T. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(3), 99-106. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.48

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.

Susilawati, S., & Febrian, F. (2016). Analisis kesalahan siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri Tanjungpinang tahun pelajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan permasalahan peluang dengan menggunakan kategori kesalahan Watson. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 39-52. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3630.39-52

Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students' difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 142-151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1-10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23626/18546

Vula, E., & Kurshumlia, R. (2015). Mathematics word problem solving through collaborative action research. Journal of Teacher Action Research, 1(2), 34-46. http://www.practicalteacherresearch.com/uploads/5/6/2/4/56249715/vula_34-46.pdf

Waluyo, E. M., Muchyidin, A., & Kusmanto, H. (2019). Analysis of students' misconception in completing mathematical questions using certainty of response index (CRI). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 27-39. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.2988

Winarsih, K. A., Sugiarti, T., & Khutobah, K. (2015). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan menurut Watson dalam menyelesaikan permasalahan pengolahan data siswa kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember tahun pelajaran 2014/2015. Article Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-5. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63621/KURNIYA%20AYU%20WINARSIH.pdf?sequence=1

Winarti, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya belajar pada materi pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1-9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20462

Yuliani, S. R., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Analisis kesalahan siswa SMP pada materi perbandingan ditinjau dari indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal on Education, 1(2), 77-82. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/26

Share

COinS