•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

pengembangan, perangkat pembelajaran, PBL, kemampuan penalaran matematis, rasa ingin tahu, development, instructional kits, mathematical reasoning, curiosity

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pen­dekatan PBL yang berkualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian adalah 68 siswa (34 siswa dari kelas VIII G SMPN 2 Garut dan 34 siswa dari kelas VIII G SMPN 6 Garut) dan 4 guru matematika yang berasal dari SMPN 2 Garut dan SMPN 6 Garut. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL berupa RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan valid dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik untuk penilaian guru dan mencapai kategori baik untuk penilaian siswa dengan rata-rata keterlaksanaan 92,48% untuk kelas VIII G dan 89,54% untuk kelas VIII A. Keefektifan perangkat yang dikembangkan terlihat dari (1) ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai kriteria minimal 75% yaitu untuk tes prestasi belajar mencapai 98,53%; (2) hasil tes kemampuan penalaran matematis mencapai 92,65%; (3) berdasarkan angket rasa ingin tahu siswa, 97,06% siswa menunjukkan peningkatan skor rasa ingin tahu, dan 97,06% siswa menunjukkan rasa ingin tahu dengan kriteria minimal tinggi.

Developing instructional kits with PBL approach oriented to mathematical reasoning and curiosity of students

Abstract

This research aimed to produce mathematics instructional kits with PBL approach which has good quality. The instructional kits which were developed consists of lesson plans and student's worksheets. This study was research and development that used Borg & Gall model. The subjects of this research involved 68 students (34 students of class VIII G from SMPN 2 Garut and 34 students of class VIII A from SMPN 6 Garut) and four teacher at SMPN 2 and SMPN 6 Garut. This research developed the instructional kits of mathematics with PBL approach with the student's worksheet and the lesson plans which were valid, practical and effective. The result of validation showed that the kits developed were valid in a very good criteria. The practicality on field trials reached very good category with an average adherence to 94.03%. Effectiveness of instructional kits were developed by (1) classical learning competeness reached at least 98.53%; (2) result of mathematical reasoning test reached at least 92.65%; and (3) based on the questioner of the curiosity, 97.06% of students showed enhancement scores for the students' curiosity, and 97.06% of students showed enhancement scores for curiosity with minimum category of "high".

Page Range

133-147

Issue

2

Volume

13

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v13i2.21169

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/21169

References

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100-108. doi: 10.21831/jrpm.v3i1.7303.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York, NY: Mc Graw Hill Companies.

Arends, R. I, & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York, NY: Routledge.

Azwar, S. (2015). Tes prestasi: Fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ball, P. (2012). Curiosity: How science became interested in everything. Chicago, IL: The University of Chicago Press

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research an introduction (4th ed.). New York, NY: Longman.

Brodie, K. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classroom. New York, NY: Springer.

Delisle, R. (1997). How to use problem based learning in the classroom. Alexandria, VA: ASCD.

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan keefektifan PBL berseting TGT dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif dan toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55-65. doi:10.21831/jrpm.v3i1.9684

Fogarty, R. (1997). Problem based-learning and learning and other curriculum models for the multiple intelegences classroom. New York, NY: Pearson SkyLight.

Goldstein, E. B. (2008). Cognitive psychology: Connecting mind, research, and everyday experience (2th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.

Kasdhan, T. B., Rose, P., & Fincham, F. D. (2004). Curiosity and explosation: Facilitating positive subjective experiences and personal growth opportunities. Journal of Personality Asessment, 82(3), 291-305.

Kemdikbud. (2013). Permendikbud Nomor 68, Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar Kurikulum dan Kompetensi Dasar SMP/MTs

Kemdikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Moon, B. Mayes, A. S., & Hutchinson, S. (2002). Teaching, learning and the curriculum in secondary school. New York, NY: Routledge.

Mueller, M., Yankelewitz, D., & Maher C. (2014). Teachers promoting student mathematical reasoning. Investigation in Mathematics Learning, 7(2), 1-20.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 international result in mathematics. Chestnut Hill, PA: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Nieveen, N. (1999). Design approaches and tools in education and training. Dordrecht, Netherlands: ICO Cluwer Academic Publisher.

Posamentier, A. S, Jaye, D., & Krulik, S. (2007). Exemplary practices for secondary math teacher. Alexandria, VA: ASCD.

Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan model PBL dan PjBL ditinjau dari prestasi, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar matematika siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-10. doi: 10.21831/pg.v11i1.9629

Retnawati, H. (2015). Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Dalam Menerapkan Kurikulum Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIV(3), 390-403.

Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational high school teachers' difficulties in implementing the assesment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. Internaional Journal of Instruction,9(1), 1-16.

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan HOTS pada kompetensi bangun ruang sisi datar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126-135. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9074

Shadiq, F. (2007). Inovasi pembelajaran matematika dalam rangka menyongsong sertifikasi guru dan persaingan global. Laporan Hasil Seminar dan Lokakarya Pembelajaran Matematika, Depdiknas. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Siregar, N. C., & Marsigit. (2015). Pengaruh Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2), 224-234. doi:10.21831/jrpm.v2i2.7336

Stones, E. (1984). Psychology of education: a pendagogical approach. London: Methuen & Co. Ltd.

Tan, O. S. (2003). Problem based learning innovation: using problems to power learning in the 21st century. Shenton Way, Singapore: Cengage Learning.

Widiastuti, W., & Santosa, R. (2014). Pengaruh metode inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 196-204. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/ pythagoras/article/view/9080

Zuss, M. (2008). The practice of theorical curiosity. New York, NY: Springer

Share

COinS