•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

Hasil Belajar, Visual Thinking, Quick on the Draw, Akar Persamaan Tak Linear

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, respon, dan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw pada materi akar persamaan tak linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di universitas madura dan yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV pendidikan matematika tahun akademik 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes, dan wawancara. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan dari 2,88 (kategori baik) pada siklus I menjadi 3,51 (kategori sangat baik) pada siklus II kemudian meningkat menjadi 3,76 (kategori sangat baik) pada siklus III, (2) respon mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 62,86% (kategori positif) pada siklus I menjadi 91,43% (kategori positif) pada siklus II kemudian meningkat menjadi 100% (kategori positif) pada siklus III, (3) hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari 14,29% pada siklus I menjadi 57,14% pada siklus II kemudian meningkat menjadi 85,71% pada siklus III. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi akar persamaan tak linear.

Improving Student Learning Outcomes Through Visual Thinking Learning with Quick on the Draw Activities

Abstract

This research aimed to determine the activity, response, and improvement of student learning outcomes after being taught using visual thinking learning accompanied by quick on the draw activities on the material of the nonlinear equation root. This type of research is classroom action research with a qualitative approach. This research was carried out at universitas mdura and the subject of the research was the fourth semester students of mathematics education 2017/2018 academic year. Data collection techniques used are observation methods, questionnaires, tests, and interviews. From the data analysis it can be concluded that: (1) student activity has increased from 2.88 (good category) in the first cycle to 3.51 (very good category) in cycle II then increased to 3.76 (very good category) in the cycle III, (2) student responses also increased from 62.86% (positive category) in the first cycle to 91.43% (positive category) in the second cycle then increased to 100% (positive category) in cycle III, (3) student learning outcomes increased from 14.29% in the first cycle to 57.14% in the second cycle then increased to 85.71% in the third cycle. From the results of this study it can be concluded that the application of visual thinking learning with quick on the draw activities can improve student learning outcomes on the material of the nonlinear equation root.

Page Range

210-219

Issue

2

Volume

12

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v12i2.20988

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/20988

References

Abdullah, N, Zakaria, E & Halim, L. (2012). The effect of thinking strategy approach through visual representation on achievement and conceptual understanding in solving mathematical word problem. Asian Social Science Journal, 8(16), 30-37. http://dx.doi.org/10.5539/ass.v8n16p30

Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project-based learning and problem-based learning: are they effective to improve student's thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346-355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

Apino, E., & Retnawati, H. (2017). Developing instructional design to improve mathematical higher order thinking skills of students. Journal of Physics: Conference Series, 812, 1-7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Ariawan, R. (2017). Pengaruh pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 1-16. http://jurnal.­untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1193

Bilgin, I., Åženocak, E., & Sözbilir, M. (2009). The effects of problem-based learning instruction on university students' performance of conceptual and quantitative problems in gas concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(2), 153-164. https://doi.org/10.12973/ejmste/75267

Djidu, H., & Jailani, J. (2017). Aktivitas pembelajaran matematika yang dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 312-321. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21614

Djidu, H., & Jailani, J. (2018). Developing problem based calculus learning model. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 68-84. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.12689

Ertmer, P. A., & Simons, K. D. (2006). Jumping the PBL implementation hurdle: supporting the efforts of K-12 teachers. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 40-54. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1005

Fitriansyah. (2010). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP negeri 3 Belawang melalui strategi pembelajaran quick on the draw. Jurnal Edukasi Matematika, 1 (1), 16-21. Diambil dari http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id/id/eprint/693

Ginnis, P. (2001). The teacher's toolkit: raise classroom achievement with strategies for every learner. Crown House Publishing.

Ginnis, P. (2008). Trik dan taktik mengajar. Jakarta: PT. Indeks.

Huriyanti, L., Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan motivasi belajar matematika siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran quick on the draw. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 65-76. doi: https://doi.org./10.24853­/­fbc.3.1.65-76

Hugerat, M., & Kortam, N. (2014). Improving higher order thinking skills among freshmen by teaching science through inquiry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(5), 447-454. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1107a

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students' HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247-259. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674

Khamid, A., & Santosa, R. H. (2016). Keefektifan pendekatan PBL dan CTL ditinjau dari komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 111-122. Diambil darihttp://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/10660/pdf

Krulik, S & Posamentier, A. (2009). Problem solving in mathematics grade 3-6. California: Corwin A SAGE Company.

Laili, H. (2016). Keefektifan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25-34. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9679

Lestiyaningsih, H., Hobri, H., & Kristiani, A. I. (2013). Penerapan pembelajaran quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada sub pokok bahasan aritmetika sosial siswa kelas VII F semester ganjil SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013. Jurnal Kadikma, 4 (2), 43-46. Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1037

Maharaj, A., & Wagh, V. (2016). Formulating tasks to develop HOTS for first-year calculus based on Brookhart abilities. South African Journal of Science, Volume 112(Number 11/12), 1-6. https://doi.org/10.17159/sajs.2016/20160139

Makina, A. (2010). The role of visualisation in developing critical thinking in mathematics. AJOL: African Journal Online, 28(1), 24-33. Diambil dari https://journals.co.za/content/persed/28/1/EJC87564

Mu'ti, Y.A., Mardiana, M., & Saputro, D. W. S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi teorema pythagoras di kelas VIII sekolah menengah pertama. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 7 (1), 33-45. Diambil dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jmme/article/view/11727

Munir, R. (2010). Metode numerik. Bandung: Informatika.

Nahrowi. (2016). Pembelajaran menggunakan model LC 5E-STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar fungsi kuadrat dan fungsinya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura. Pamekasan, 347-351.

Ningrum, R. K. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan problem based learning berbasis flexible mathematical thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 213-222. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21620

Nurdin, E. (2015). Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan visual thinking terhadap sikap siswa. Jurnal AdMathEdu. 5 (2), 125. Diambil dari http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/download/4768/3131

Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan model PBL dan PjBL ditinjau dari prestasi, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar matematika siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/PG.V11I1.9629

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, K., Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers' knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problem of Education in the 21st Century, 76(2), 215-230. Diambil dari http://oaji.net/articles/2017/457-1524597598.pdf

Sapitri, & Hartono. (2015). Keefektifan cooperative learning STAD dan GI ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 273-283. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7346/6328

Satriawan, & Wutsqa, D. U. (2013). Keefektifan pembelajaran dengan sumber belajar interaktif berbasis komputer ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2), 193-203. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v8i2.8949

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Surya, E. (2011). Visual thinking and mathematical problem solving of the nation character development. International Seminar and the Fourth National Conference an Mathematics Education Department of Mathematic Education 2011. Universitas Negeri Yogyakarta. 189-200. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/800

Surya, E. (2012). Visual thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa dapat membangun karakter bangsa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41-50. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/817

Tiruneh, D. T., De Cock, M., & Elen, J. (2018). Designing learning environments for critical thinking: examining effective instructional approaches. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(6), 1065-1089. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9829-z

Share

COinS