•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

development, instructional materials, scientific approach

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran.Kualitas perangkat pembelajaran terdiri dari tiga kriteria berikut: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas RPP, LKS dan instrumen penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut:(1)perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidanberdasarkan hasil validasi ahli; (2) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil penilaian oleh guru, penilaian oleh siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran.; (3) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Kata Kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik.

Developing Mathematics Instructional Materials for 8th Grade Students of Junior High School in Their Second Semester Based on the Scientific Approach

Abstract

The aim of this study is to produce mathematics instructional materials for 8thgrade students of junior high school in their second semester based on the scientific approach which is valid, practical, and effective.This study was a research and development study using the Four-D development model consisting of fourstages: (1) define, (2) design, (3) develop,and (4) disseminate.The quality of instructional materials consisting of the following three criterion: (1) validity, (2) practicality, and (3) effectiveness, The data analysis technique used in this study is a descriptive quantitative analysis. The research produced instructional materials consisting of lesson plans, student worksheets and assesment instrument for attitude, knowledge and skill aspects. The result of the research shows that: (1) the instructional materials fulfill the validity criteria base on experts' appraisal; (2) the instructional materials fulfill the practicality criterion base on teacher'sassesment, students' assessment, and learning implementation; (3)the instructional materials fulfill the effectiveness criterion base on student learning achievement in attitude, knowledge and skill aspects.

Keywords: development, instructional materials, scientific approach.

Page Range

168-178

Issue

2

Volume

10

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v10i2.9152

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9152

References

Bell, F.H. (1978). Teaching and learning mathematics (in secondary school). Iowa: Wm. C. Brown Company Publisher.

Direktorat Pembinaan SMP. (2014). Implementasi kurikulum 2013: pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Diambil pada tanggal 12 Oktober 2014, dari http://www.psmp.web.id/berita/104-implementasi-kurikulum-2013.

Dyer, J., Gregersen, H., &Christensen, C.M. (2011). The innovator's DNA: mastering the five skills of disruptive innovators. Boston: Harvard Business Review Press.

Gay, L.R. (1981). Educational research: competenciesfor analysis & application (2nd ed.). Columbus: Charles E. Merril Publishing Co.

Karsai, I., & Kampis, G. (2010). The crossroads between biology and mathematics: the scientific method as the basics of scientific literacy. BioScience, 60(8), 632-638.

Kemdikbud. (2013a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65, Tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemdikbud. (2013b). Materi pelatihan guru: implementasi kurikulum 2013 SMP/MTs matematika. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. (2014a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Kemdikbud. (2014b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103, Tahun 2014, tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kemdikbud. (2014c). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013 tahun 2014 mata pelajaran matematika SMP/MTs: untuk guru. Jakarta: Kemdikbud.

Mak, D.K., Mak, A.T., & Mak, A.B. (2009). Solving everyday problems with the scientific method : thinking like a scientist. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Marsigit. (2009, Desember). Pembudayaan matematika di sekolah untuk mencapai keunggulan bangsa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah. Di Universitas Negeri Yogyakarta.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality.Dalam Akker, J., et al. (Ed.), Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Rusindrayanti. (2015). Implementasi pendekatan saintifik dalam mata pelajaran matematika kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014 pada kurikulum 2013 di Daerah Istimewa Yogyakarta. e-Journal Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Diambil pada tanggal 4 Agustus 2015 dari pps.uny.ac.id.

S. Eko Putro Widoyoko. (2014). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soenarto. (2013). Konsep dasar dan metode penelitian dan pengembangan (research and development).Dalam Siti Irene Astuti Dwiningrum (Ed.), Metode penelitian pendidikan (pp. 181-207). Yogyakarta: UNY Press.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teachers and exceptional children: a sourcebook. Indianapolis: Indiana University.

Wood, T. (1993). Second-grade classroom: psychological perspective.Journal for Research in Mathematics Education, 6, 7-14.

Share

COinS