•  
  •  
 

Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Keywords

Creative problem solving, pemecahan masalah, TPACK

Document Type

Article

Abstract

Guru perlu menerapkan model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terintegrasi TPACK untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Petama di Lombok Timur yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pedoman validasi desain pembelajaran CPS terintegrasi TPACK, angket kepraktisan dan tes kemampuan pemecahan masalah pada materi geometri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis validasi, produk yang dikembangkan termasuk kategori valid yang ditunjukkan oleh skor rata-rata validasi produk oleh 3 ahli yaitu ahli bahasa, ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran berturut turut 79,4; 79,9; dan 80,8. Begitu pula dari segi kepraktisan, produk yang dikembangkan juga tergolong praktis dengan rata-rata skor kepraktisan 82,67. Produk juga tergolong efektif dengan persentase keefektifan sebesar 86,67% . Produk yang dikembangkan mempunyai efek potensial dalam kategori tinggi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan N-Gain sebesar 0,81.

Abstract

Teachers need to apply teaching models that enable students to develop high order thinking skills and student problem-solving skills. This research aims to develop TPACK's integrated creative problem solving (CPS) teaching model to improve students' ability to solve problems. This research was developmental research applying Borg & Gall development model. The sample was 30 grade VII students of a State Junior High School, in Lombok Timur, Indonesia, consisting of 12 male and 18 female students. The instruments used to collect the data include TPACK integrated CPS learning design validation guidelines, practicality questionnaires, and troubleshooting tests on geometric materials. The data analysis used descriptive analysis. Based on the validation analysis, the developed model was in a valid category as indicated by the average score of product validation by three experts: a linguist, materials expert, and learning technology expert, with scores of 79.4, 79.9, and 80.8 consecutively. Similarly, in terms of practicality, the developed model is also relatively practical with an average practicality score of 82.67. The model is also classified as effective, with an effectiveness percentage of 86.67%. It has a potential effect in the high category to improve students' ability to solve mathematic problems with an n-gain of 0.81.

Page Range

191-205

Issue

2

Volume

8

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v8i2.39354

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/39354

References

Adams, J., Kaczmarczyk, S., Picton, P., & Demian, P. (2010). Problem solving and creativity in engineering: Conclusions of a three year PBL project involving reusable learning objects and robots. International Conference on Engineering Education ICEE-2010, July 18-22, Gliwice, Poland. http://www.ineer.org/Events/ICEE2010/papers/M13C/Paper_953_1242.pdf

Akturk, A. O. & Ozturk, H. S. (2019). Teachers TPACK levels and students self-efficacy as predictors of students academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 283-294. https://www.ijres.net/index.php/ijres/article/view/543

Andana, E., Raga, G., & Nyoman, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 25-29. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2490

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Bahrudin, J. (2020). Penerapan model pembelajaran creatif problem solving untuk meningkatkan hasil belajar teknologi layanan jaringan materi ragam aplikasi komunikasi data. Journal of Education Action Research, 4(4), 536-545. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i4.28924

Borg, W. R., & Gall. (2007). Education research: An introduction. New York & London: Logman.

Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi model pembelajaran creative problem solving untuk siswa kelas awal sekolah menengah kejuruan. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 89-98. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2535

Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy siswa melalui Logan avenue problem solving-heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207-222. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331

Farikah, F., & Firdaus, F. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The students' perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190-197. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303

Guerrero, S. (2010). Technological pedagogical content knowledge in the mathematics classroom. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 26(4), 132-139. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ893871.pdf

Hariawan, H., Kamaluddin, K., & Wahyono, U. (2014). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan memecahkan masalah Fisika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 48. https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i2.2395

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109-118. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismiyanto, I., Syafii, S., & Syakir, S. (2010). Implementasi creative problem solving dalam pembelajaran menggambar: Upaya peningkatan kreativitas siswa sekolah dasar. Imajinasi Jurnal Seni, 6(2), 103-113. https://docplayer.info/36157904-Implementasi-creative-problem-solving-dalam-pembelajaran-menggambar-upaya-peningkatan-kreativitas-siswa-sekolah-dasar.html

Karen L, Pepkins. 2004. Creative problem solving in math. https://rppsekolahdasar.blogspot.com

Khaulah, S. (2018). Penerapan model pembelajaran jucama dengan menggunakan blok aljabar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Almuslim, 6(2), 75-83. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/issue/view/52

Khatimah, H., & Sugiman, S. (2019). The effect of problem solving approach to mathematics problem solving ability in fifth grade. In Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 1-7. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1157/4/042104/meta

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W.(2013). What is technological pedagogical content knowledge. Journal of Education, 193(3), 13-19. https://www.learntechlib.org/p/159628

Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran topik pecahan. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454

Maimunah, M., Purwanto, P., Sa'dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan model pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas X-A SMA AL-Musilum. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17-30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016

Mairisiska, T., Sutrisno, S., & Asrial, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada materi sifat koligatif larutan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Edu Sains, 3(1), 28- 37. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v3i1.1764

Malik, S., Rohendi, D., & Widiaty, I. (2018). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) with information and Communication Technology (ICT) integration: A literature review. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299, 498-503. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.114

Manurung, S. L. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dengan menggunakan software autograph. Jurnal Handayani, 4(2), 1-8. https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2845

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006).Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054. https://www.learntechlib.org/p/99246/

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 international results in mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/

Muhammad, G., M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Mosharafa, 7(3), 315-325. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Muslich, M. (2007). KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics. www.nctm.org

Nur, I., Udiyah, M., & Pujiastutik, H. (2017). Implementation of Creative Problem Solving (CPS) to the problem solving ability IPA class VII SMP Negeri 2 Tuban. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 540-544. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21092

Nur, A., S., & Markus. P. M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139-148. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15067

Nursiami, S., & Soeprodjo, S. (2015). Keefektifan model pembelajaran creative problem solving berbantuan flash interaktif terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1440-1449. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4811

OECD. (2016). PISA 2015 assessment and analytical framework: science, reading, mathematics and financial literacy. Paris, France: OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en

Paryanto, A., & Kurniasih, N. (2020). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif rotating trio exchange (RTE) dan means ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Prosiding Sendika, 6(2), 55-61. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/download/1195/1002

Pepkin, K. L. (2004). Creative problem solving in math. http://-www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04.htm

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model pembelajaran creative problem solving pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 5(3), 361-366. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263

Puccio, G. J., Mary C. M., & Marie, M. (2005). Current developments in creative problem solving for organizations: A focus in thinking skills and styles. The Korean Journal of Thinking and Problem Solving, 15(2), 43-76. https://tsf.njit.edu/sites/tsf/files/lcms/2006/fall/puccio-korean-journal.pdf

Purwaningsih E. (2015). Potret representasi pedagogical content knowledge (PCK) guru dalam mengajarkan materi getaran dan gelombang pada siswa SMP, Indonesian Journal of Applied Physics, 5(1), 9-15. https://doi.org/10.13057/ijap.v5i01.252

Rahmani, W. Widyasari. (2018). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui media tangram. Fibonacci, 4(1), 17-24. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-24

Rahmadi, I. F., Hayati, E., & Nursyifa, A. (2020). Comparing pre-service civic education teachers' tpack confidence across course modes: Insights for future teacher education programs. Research in Social Sciences and Technology, 5(2), 113-133. http://10.46303/ressat.05.02.7

Septian, A. (2019). Pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 8(2), 182-190. https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.376

Siswono, T. Y. E. (2008). Proses berfikir kreatif siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60-68. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v15i1.13

Sugianto, P. A. W. (2019). Penerapan model pembelajaran vps dengan bantuan modul elektronik terhadap motivasi belajar dan kempuan berpikir kreatif di SMA Negeri 8 Pekan Baru 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sutrisno, S. (2012). Kreatif mengembangkan aktivitas pembelajaran berbasis TIK. Jakarta, Indonesia: Gaung Persada.

Tuithof, H., van Drie, J., Bronkhorst, L., Dorsman, L., & Van Tartwijk, J. (2021). Teachers' pedagogical content knowledge of two specific historical contexts captured and compared. Educational Studies, 47(2), 1-26, https://doi.org/10.1080/03055698.2021.1877621

Turmuzi, M., Azmi, S., & Hikmah, N. (2018). Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan matematika. J. Pijar MIPA, 1(1), 45-50. https://doi.org/10.29303/jpm

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90-96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Waluyo, E., Supiyati, S., & Halqi, M. (2020). Mengembangkan perangkat pembelajaran kalkulus integral berbasis model pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Elemen, 6(2), 357- 366. http://10.29408/jel.v6i2.23344

Winarti, W. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya belajar pada materi pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(6), 1-9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20462/16773

Yanti, M., Sudia, M., & Arapu, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 71-84. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.11375

Share

COinS