•  
  •  
 

Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Keywords

pembelajaran DMR, disposisi, komunikasi matematis, DMR learning, disposition, mathematical communication

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi mahasiswa melalui pembelajaran diskursus multi representasi (DMR). Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretset-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah metode pembelajaran matematika sekolah SD pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas, yaitu: A1, A2 dan A3. Sampel penelitian dipilih 2 kelas dari populasi penelitian, terpilih kelas A2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 35 orang mahasiswa dan kelas A1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan terhadap gain hasil tes kemampuan mahasiswa mata kuliah metode pembelajaran matematika sekolah SD. Sedangkan analisis skala disposisi matematis mahasiswa menggunakan Microsoft Excel 2010. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes uraian dan skala disposisi. Analisis penelitian menggunakan uji perbedaan rata-rata mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang mendapat pembelajaran DMR lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional; dan (2) Disposisi matematis mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan DMR lebih baik daripada mahasiswa dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan konvensional.

Learning multi discourse representation to enhance students communication and their mathematical disposition

Abstract

This study aims to determine the improvement of students' mathematical communication and dispositions ability through multi-representation discourse (DMR) learning. This research method is quasi-experimental with the design of pretset-posttest control group. The population is all students of mathematics education STKIP Siliwangi Bandung attending the course subject of Metode Pembelajaran Matematika SD (Elementary Mathematics Learning Method) in the first semester of 2016/2017 academic year consisting of three classes, namely: A1, A2 and A3. The samples are selected from two classes; A2 as the control group consisting of 35 students and A1 as the experimental group consisting of 36 students.. Data analysis is performed to find out the gain from the results of students' ability test in the subject of Metode Pembelajaran Matematika SD; while the students' mathematical disposition scale analysis is conducted by using Microsoft Excel 2010. To obtain research data, the instruments of description test and disposition scale are used. The analysis of research uses the Mann Whitney's mean differences test. The results show that: (1) the achievement and improvement of communication ability of the students' receiving DMR learning are better than those who receive conventional learning; and (2) Mathematical disposition of students with DMR learning is better than those with the conventional approach.

Page Range

43-52

Issue

1

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v5i1.13589

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/13589

References

Feldhaus, C. A. (2014). How pre service elementary school teachers' mathematical dispositions are influenced by school mathematics. American International Journal of Contemporary Research, 4(6), 91-97.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.9

Hidayati, N. (2016). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran serta disposisi matematis mahaisiswa melalui model pembelajaran metokognitif. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 131-142.

Hudiono, B. (2012). Peran pembelajaran diskursus multi representasi terhadap pengembangan kemampuan matematika dan daya representasi pada siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Khamid, A., & Santosa, R. H. (2016). Keefektifan pendekatan PBL dan CTL ditinjau dari komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 111. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10660

Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan representasi dan disposisi matematis siswa terhadap peningkatan mathematical power. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089

Purwasih, R. (2013). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SLTP melalui model pembelajaran diskursus multi representasi (DMR). Universitas Pendidikan Indonesia.

Putra, H. D., & Purwasih, R. (2016). Meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan mahasiswa melalui project based learning. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 128-136. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p128-136.156

Riduwan, M. B. A. (2010). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Rohmah, M. S. (2013). Pendekatan brainstorming teknik round-robin untuk meningkatkan kemampuan penalaran, komunikasi matematis dan self-awareness siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (DMR). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-46. https://doi.org/10.17509/EH.V9I1.6176

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Untayana, J. R., & Harta, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran limit berbasis pendekatan saintifik berorientasi prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 45. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9683

Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672

Share

COinS