•  
  •  
 

Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Keywords

problem solving, komunikasi matematis, Anava.

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik antara model pembelajaran problem solving (PS) dan model pembelajaran langsung. (2) manakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik antara kelompok laki-laki dan perempuan. (3) pengaruh model pembelajaran PS terhadap kemampuan komuniksi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 02 Mojolaban Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan komunikasi matematis. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis anova dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa diperoleh bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik jika diberikan model pembelajaran PS dibandingkan model pembelajaran langsung (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa laki-laki dan perempuan. (3) model pembelajaran PS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Page Range

219-228

Issue

2

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v4i2.15770

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/15770

References

Aguspinal. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa sma melalui pendekatan open-ended dengan strategi group-to-group. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ali, R., Hukamdad., Akhter, A., & Khan, A. (2010). Effect of using solving method in teaching mathematics on the achivement of mathematics students. CCSE Asian Social Science, 6(2), 67-72.

Ansari, B. I. (2012). Komunikasi matematik dan politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Ausubel, D. (1978). Learning as contructing meaning. In N. Entwistle (Ed.), New Directions in Educational Psychology I Learning and Teaching. London: The Falmer Press.

Bosire, J., Mondoh, H. & Barmao, A. (2008). Effect of streaming by gender on student achievement in mathematics in secondary schools in Kenya. South African Journal of Education. 28. 595-607

Budiyono. (2013). Statistika untuk penelitian edisi II. Surakarta: UPT UNS Press.

Commusion, E. (2010). Gender differences in educational outcomes: Study on the measures taken and the current situation in Europe. EACEA P9 Eurydice.

Hodiyanto. (2014). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran pemecahan masalah ditinjau dari gender pada materi himpunan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3 (1), 27-41. Retrieved from http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/203/0.

Hodiyanto. (2016). Eksperimentasi model pembelajaran problem posing dan problem solving dengan pendekatan PMR terhadap prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4 (2), 199-214. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/ view/10866/9742.

Ibrahim. (2011). Peningkatan kemampuan komunikasi, penalaran, dan pemecahan masalah matematis serta kecerdasan emosional melalui pembelajaran berbasis-masalah pada siswa sekolah menengah. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Kondor, R. N. (2014). Importance of spatial visualization skills in Hungary and Turkey: Comparative studies. Annales Mathematicae et Informaticae, 43, 171-181

Lomibao, L. S., Luna, C. A. & Namoco, R. A. (2016). The influence of mathematical communication on students' mathematics performance and anxiety. American Journal of Educational Research, 4 (5), 378-382.

Melianingsih, N., & Sugiman, S. (2015). Keefektifan pendekatan open-ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 211 - 223. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7335

Mondoh, H. O. (2000). A comparison of activities carried out by boys and girls during their free time in relation to their achievement in mathematics. A case of Eldoret municipality, Kenya. Journal of Education and Human Resources, 1, 49-56.

Mwelese, J. K. & Wanjala, M. S. M. (2014). Effect of problem solving strategy school students' achievement in circle geometry in Emuhaya District of Vihiga County. Journal of Education, Arts and Humanities, 2, 18-26.

Nizoloman, O. N. (2012). Relationship between mathematical ability and achievement in mathematics among secondary school students in bayelsa state Nigeria. Procedia Social and Behavioral sciences. 106, 2230-2240.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. The United State of America.

Perveen, K. (2010). Effect of the problem-solving approach on academic achievement of students in mathematics at th secondary level. Contemporary Issue In Education Research, 3(3), 9-14.

Pietsch, S. & Jansen, P. (2012). Different mental rotation performance in students of music, sport and education, learning and individual differences, 22, 159-163.

Polya, G. (1957). How to solve it. Princeton N.J: Princeton University Press. SMASSE Project (1998). Baseline Studies Document. An unpublished paper presented during national INSET at KSTC, Nairobi.

Prayitno, S., Suwarsono, & Siswono, T. Y. (2013). Identifikasi indikator kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berjenjang pada tiap-tiap jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V, 27-30 Juni 2013. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Weis, M., Heikamp, T. & Trommsdorff, G. (2013). Gender differences in school achievement: The role of self-regulation. Frontiers in Psychology, 4, 1-10.

Wijaya, H. P. M., Sudjadi, I. & Riyadi. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa sesuai dengan gender dalam pemecahan masalah pada materi balok dan kubus (Studi kasus pada siswa SMP Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 778-788.

Share

COinS