•  
  •  
 

Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Keywords

perangkat pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan komunikasi matematika, prestasi belajar

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika yang mempunyai kualitas baik yang terdiri atas rencana pelakanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), tes kemampuan komunikasi, dan tes prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur yang diadaptasi tersebut meliputi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, desain produk, dan pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan masing-masing memenuhi kriteria valid dengan kategori "baik". Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan hasil penilaian kepraktisan oleh guru pada kategori "baik", kategori "sangat baik" berdasarkan respon siswa dan kategori "sangat baik" berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Persentase siswa yang tuntas pada tes kemampuan komunikasi matematika mencapai 84,38% dan pada tes prestasi belajar mencapai 81,25%.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan komunikasi matematika, prestasi belajar

Developing a Problem-Based Learning Instructional Kit Oriented to Junior High School of Mathematical Communication Skills and Learning Achievement

Abstract

The research aims to produce a good quality problem-based learning mathematics instructional kit oriented to mathematical communication skills and learning achievement consisting of lesson plans, student worksheets, communication skill test, and learning achievement test. This study was a research and development. The procedure of this model consisted of three steps are define, design and develop. The result shows that the mathematics instructional kit is valid with a "good category. Learning kit that has been developed was practically shown by results of practicality votes by teachers in category "good", "very good" category based on student's responses and "very good" category based on the observation of learning implementation. Learning kit that has been developed was effective based on student's learning mastery. The percentage of students who achieved the mastery level in communication test is 84.38% and in learning achievement test is 81.25%.

Keywords: instructional kits, problem-based learning, mathematical communication skills, learning achievement

Page Range

32-42

Issue

1

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v4i1.11325

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/11325

References

Alisah, E., & Dharmawan, E. P. (2007). Filsafat dunia matematika: Pengantar untuk memahami konsep-konsep matematika. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Amir, M. T. (2010). Inovasi pendidikan melalui problem based learning: Bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research : An introduction. Pearson/Allyn & Bacon.

Izzati, N., & Suryadi, D. (2010). Komunikasi matematik dan pendidikan matematika realistik. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 978-979). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from https://bundaiza.files.wordpress.com/2012/12/komunikasi_matematik_dan_pmr-prosiding.pdf

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 125-135). Dordrecht: Springer Netherlands. http://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_10

Presiden Republik Indonesia. Peraturan pemerintah Republik Indonesia no 19 th 2005 tentang standar nasional pendidikan, Peraturan pemerintah Republik Indonesia (2005).

Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia 1-71 (2005).

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (p. M-6). Yogyakarta: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001808/penelitian/Makalah+Semnas+2013+an+R+Rosnawati+FMIPA+UNY.pdf

Sari, W. R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 109. http://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10407

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). Problem based learning: An instructional model and its constructivist framework. Educational Technology, 35(5), 31-38.

Shadiq, F. (2007). Laporan hasil seminar dan lokakarya pembelajaran matematika 15 - 16 Maret 2007 di P4TK (PPPG) matematika. Yogyakarta. Retrieved from https://id.scribd.com/doc/78216950/LAPORAN-HASIL-SEMINAR-DAN-LOKAKARYA-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-15-16-Maret-2007-DI-P4TK-PPPG-MATEMATIKA

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210. http://doi.org/10.21831/JRPM.V2I2.7334

Tan, O.-S., Chye, S., & Teo, C.-T. (2009). Problem-based learning and creativity: A review of the literature. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd. Retrieved from http://www.encyclopedia.com/education/applied-and-social-sciences-magazines/problem-based-learning-and-creativity-review-literature

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). NCTM principles and standards for school mathematics,. Association Drive, Reston, VA: Library of Congres Cataloguing-in-Publication Data. Retrieved from https://www.nctm.org/store/Products/NCTM-Principles-and-Standards-for-School-Mathematics,-Full-Edition-(PDF)/

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta. Retrieved from http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu 2011/SMP/4.INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA .....pdf

Widoyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://doi.org/2013

Share

COinS