•  
  •  
 

Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Keywords

pengembangan, bahan ajar, pendekatan kontekstual, penemuan terbimbing, EQ, SQ, akselerasi

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan kontekstual dan metode penemuan terbimbing serta mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan bahan ajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahap utama meliputi: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) uji coba, evaluasi dan revisi, serta (5) implementasi. Aspek kevalidan bahan ajar dan komponen pendukungnya ditinjau dari penilaian para ahli dan mencapai kriteria valid dengan kategori sangat baik. Aspek kepraktisan mencapai kriteria praktis dengan kategori sangat baik ditinjau dari observasi keterlaksanaan pembelajaran, penilaian oleh guru, dan penilaian oleh peserta didik. Aspek keefektifan telah tercapai ditinjau dari tes ketercapaian kompetensi, angket EQ dan SQ peserta didik. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa lebih dari 80% peserta didik telah mencapai KKM dan persentase banyak peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran mengalami peningkatan pada kategori minimal tinggi dan minimal sangat tinggi untuk angket EQ dan SQ. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika dan komponen pendukungnya, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan modul matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta tes ketercapaian kompetensi (TKK) yang valid, praktis, dan reliabel.

Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, pendekatan kontekstual, penemuan terbimbing, EQ, SQ, akselerasi

DEVELOPING MATHEMATICS INSTRUCTIONAL MATERIAL USINGCONTEXTUAL APPROACH AND GUIDED INQUIRY METHOD TO INCREASE EQ AND SQ OF ACCELERATION STUDENTS IN JUNIOR HIGH SCHOOL

Abstract

This research is aimed to describe steps of developing mathematics instructional material using contextual approach and guided inquiry method and describe the quality of the developed product. This research is a developmental research with the main steps cover (1) preliminary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation, and revision, and (5) implementation. The result of validation by expert jugdement shows that the instructional material that is developed is of valid criteria of very good category. The aspects of practicality was of practice criteria of very good category as seen from the implementation of the learning, evaluation by the teachers, and evaluation by the students. The aspect of effectiveness could be reached from the students' achievement and EQ and SQ questionnaire. The result of the test shows that more than 80% of the student achieve the minimum score and percentage many of students who are at a high minimum and very high minimum category increase on EQ and SQ questionnaire. The research produced mathematics instructional material and supporting components, consisting of valid, practical, and effective syllabuses, lesson plans, mathematics module, and the valid, practical, and reliable of test. Keywords: development, instructional material, contextual approach, guided inquiry, EQ, SQ, acceleration

Page Range

135 - 147

Issue

1

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v2i1.7156

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7156

References

Azwar, S. (2002). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bell, F.H. (1981). Teaching and learning mathematics (in secondary schools). Dubuque, Iowa: Wm. C. Browm Company Publishers.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational researcher: an introduction (4th ed). White Plains, New York: Longman, Inc.

Cord. (1999). Teaching mathematics contex-tually. Texas: CORD Communications.

Depdiknas. (2002). Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2003). Pedoman penulisan modul.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar.

Depdiknas. (2013a). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Depdiknas. (2013c). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2013d). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2001). The systematic design of instruction (5th ed.). New York: Addison-Wesley Educational Publishers Inc.

Goleman, D. (2000). Emotional intelligence: mengapa lebih penting daripada IQ. (Terjemahan T. Hermaya). New York: Scientific American, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 1995)

Goleman, D., Boyatzis, R., & Mckee, A. (2002). Primal leadership: realizing the power of emotional intelligence. Boston, Massachusetts: Harvard Business School Press.

Hawadi, R.A. (Ed.). (2006a). Perspektif psikologis program akselerasi. Dalam Akselerasi: A-Z informasi program percepatan belajar dan anak berbakat intelektual. Jakarta: PT Grasindo.

Holbrook, W.L. & Hanson, L.K. (1997). A study of the relationships between emotional intelligence and basic writers' skills. Dissertation Abstracts. Ball State University. https://cardinalscholar.bsu.edu/handle/handle/176836

Johnson, E.B. (2009). Contextual teaching & learning: menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna. (Terjemahan Ibnu Setiawan). Thousand Oaks, California: Corwin Press, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2002)

Kemp, E.J., Morrison, G.R., & Ross, S.M. (1994). Designing effective instruction. New York: Macmillan College Publishing Company, Inc.

Kuhlthau, C.C,. Maniote, L.K,. Caspari, A.K,. (2007). Guided inquiry: learning in the 21st century. Westport: Libraries Unlimited, Inc.

Kuhlthau, C.C. (2010). Guided inquiry: school librariesin the 21st century. International association of school librarianship, vol 16, number 1, pp. 17-28.

Mansoer, W.W.D. (2006). Hubungan kecerdasan emosional dan prestasi belajar. Dalam R. A. Hawadi (Ed.). Akselerasi: A-Z informasi program percepatan belajar dan anak berbakat intelektual. Jakarta: PT Grasindo.

Marsigit. (2003, September). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Matematika Berbasis Kompetensi Peserta didik Sekolah Menengah Umum (SMU)/Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Makalah disampaikan pada Pelatihan Guru MAN Se Indonesia, di Yogyakarta.

Mayer, J.D., Salovey, P, & Caruso, D. (2004). Models of emotional intelligence. Dalam P. Salovey, M.A. Brackett, & J.D. Mayer (Eds.). Emotional intelligence: key readings on the Mayer and Salovey model. Port Chester, New York: National Professional Resources, Inc.

Merriman, L. (2012, April). Developing academic self-efficacy: strategies to support gifted elementary school students. San Rafael, CA: School of Education and Counseling Psychology Dominican University of California.

Nasichin. (2006). Kebijakan pemerintah dalam pembinaan sekolah penyelenggara program percepatan belajar. Dalam R. A. Hawadi (Ed.). Akselerasi: A-Z informasi program percepatan belajar dan anak berbakat intelektual. Jakarta: PT Grasindo.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. Dalam J. Akker, R. M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & T. Plomp (Eds.). Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 125-135). Dordrecht, the Nederlands: Kluwer Academic Publishers.

Plomp, T. (1997). Educational and training system design. Enschede, Netherland: Faculty of Education Science and Technology, University of Twente.

Schwean, et.al. (2006). Emotional Intelligence and Gifted Children. E-journal of Applied Psychology, vol 2 (2), hal 30-37.

Semiawan, C. (2008). Perspektif pendidikan anak berbakat. Jakarta: PT. Grasindo.

Zohar, D. & Marshall, I. (2002). SQ: Memanfaatkan kecerdasan spiritual dalam berpikir integralistik dan holistik untuk memaknai kehidupan. (Terjemahan Jalaluddin Rakhmat). Great Britain: Bloomsbury. (Buku asli diterbitkan tahun 2000)

Zohar, D. & Marshall, I. (2004). Spiritual capital: wealth we can live by. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers, Inc.

Share

COinS