•  
  •  
 

Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan

Keywords

Model Design, Citizenship, Digital Media, Character Education

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: ditemukan sebuah desain Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Era media digital sebagai pendukung Implementasi pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D), yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji validitas dan keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Sampel dalam penelitian ini, melibatkan Perguruan Negeri Negeri dan Swasta di Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: pertama Analisis yaitu melakukan analisis kebutuhan, mengidentifikasi masalah (kebutuhan), dan melakukan analisis tugas. Kedua, Design, Tahap desain ini, merumuskan tujuan pembelajaran. Ketiga, Development adalah proses mewujudkan blue-print dengan inovasi media digital. Keempat, Implementation adalah langkah nyata untuk menerapkan sistem pembelajaran yang sedang kita buat. Kelima, Evaluation yaitu proses untuk melihat apakah sistem pembelajaran yang sedang dibangun berhasil, sesuai dengan harapan awal atau tidak. Evaluasi merupakan langkah terakhir dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Berdasarkan pengembangan instruksional model ADDIE tersebut kemudian diadopsi dalam tahapan pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dengan kebaharuan "MPC" (Modification of Project Citizen) yang relevan di era media digital dan dikembangkan berdasarkan implementasi pendidikan karakter dan ketercapaian kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

This research aims to find out a design of Citizenship Education Learning Model in the era of digital media as a support for the implementation of character education. The research method uses research and development (Research and Development (R & D), which is a research method used to produce specific products and test the validity and effectiveness of the product. This study uses a procedural development model. The procedure in this study adapted the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) The sample in this study involved State and Private Universities in Central Java. The results of the study showed the following: first Analysis is to do a needs analysis, identify problems (needs), and perform task analysis. The design phase is to formulate learning objectives Third, Development is the process of creating blueprint with digital media innovation Fourth, Implementation is a real step to implement the learning system that we are making Fifth, Evaluation is a process to see whether the learning system successful according to initial expectations or not. Evaluation is the final step of the ADDIE learning system design model. Based on the ADDIE model instructional development, it was later adopted in the stages of developing the Citizenship Education learning model, with the modification of "MPC" (Modification of Project Citizen) relevant in the era of digital media and developed based on the implementation of character education and achievement of competencies in Citizenship Education.

First Page

154

Last Page

164

Page Range

154-164

Issue

2

Volume

16

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jc.v16i2.24743

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/24743

References

Al-Muchtar, S. (2005). Pengajaran mikro: pendekatan praktis dalam menyiapkan pendidik profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Arthur, J., Kristjánsson, K., Harrison, T., Sanderse, W., & Wright, D. (2016). Teaching character and virtue in schools. London: Routledge.

Arthur, J., Kristjánsson, K., Walker, D., Sanderse, W., Jones, C., Thoma, S., "¦ Roberts, M. (2015). Character education in UK school. research report. Birmingham: University of Birmingham.

Aslan, M. (2011). Handbook of moral and character education, edt. Larry P. Nuci and Darcia Narvaez. International Journal of Instruction, 4(2), 211-214. https://doi.org/10.4324/9780203931431

Carr, D., Arthur, J., & Kristjánsson, K. (Ed.). (2017). Varieties of virtue ethics. London: Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59177-7_2

DoÄŸanay, A. (2012). A curriculum framework for active democratic citizenship education. In M. Print & D. Lange (Ed.), School, curriculum and civic education for building democratic citizens (hal. 19-39). Roterdam, Boston, Taipe: Sense Publisher.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2007). Educational research: an introduction (8th ed.). Allyn & Bacon.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Model of teaching (9th ed.). New York: Allyn and bacon a Pearson Education Company.

Lum, B. J. (1997). Student mentality: intentionalist perspectives about the principal. Journal of Education Administration, 35(3).

Martens, H., & Hobbs, R. (2015). How media literacy supports civic engagement in a digital age. Atlantic Journal of Communication, 23(2), 120-137. https://doi.org/10.1080/15456870.2014.961636

Mayer, R. E. (2008). Learning and instruction. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Narvaez, D., Bock, T., Endicott, L., & Lies, J. (2004). Minnesota's community voices and character education project. Journal of Research in Character Education, 2(2), 89-112.

Nasrullah, R. (2016). Media sosial perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Prewitt, K., Dawson, R. E., & Dawson, K. (1977). Political socialization. Boston: Little Brown and Company.

Rauner, F., & Maclean, R. (Ed.). (2008). Handbook of technical and vocational education and training research. Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8347-1

Sapriya. (2007). Perspektif pemikiran pakar tentang pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sapriya. (2015). Pengembangan kurikulum program studi PKn sebagai disiplin ilmu terintegrasi berbasis KKNI. In Sapriya, C. Darmawan, Syaifullah, M. M. Adha, & C. Cuga (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Penguatan Komitmen Akademik dalam Memperkokoh Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan (hal. 76-94). Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan-Universitas Negeri Yogyakarta.

Soedijarto. (2008). Landasan dan arah pendidikan nasional kita. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Soemantri, M. N. (2001). Menggagas pembaruan pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Somantri, M. N., & Winataputra, U. S. (2017). Disiplin pendidikan kewarganegaraan: Kultur akademis dan pedagogis. (Sapriya & R. Machfiroh, Ed.) (Edisi pert). Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Bandung`: PT. Remaja Rosdakarya.

Trisiana, A. (2016). Analysis of character education policy in Indonesian schools to improve the ASEAN Economic Community. Research Journal of Applied Sciences ( RJAS), 11(9), 879-883.

Trisiana, A., Jutmini, S., Haryati, S., & Hidayatullah, F. (2015). The development strategy of citizenship education in civic education using project citizen model in Indonesia. Journal of Psychological & Educational Research, 23(2), 111-124.

Winataputra, U. S. (2001). Jatidiri pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Winataputra, U. S. (2014). Pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif internasional. Jurnal Acta Civicus, 1.

Winataputra, U. S. (2015). Pendidikan kewarganegaraan: refleksi historis-epistemologis dan rekonstruksi untuk masa depan (1 ed.). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Share

COinS