•  
  •  
 

Keywords

evaluasi, manajemen, cedera, muskuloskeletal, model CIPP

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi manajemen dan penanganan cedera muskuloskeletal di Laboratorium Klinik Terapi Fisik Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dilihat dari (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product (CIPP). Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif dengan pendekatan diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu manajer, masseur, pasien Klinik Terapi Fisik Klinik Terapi Fisik FIK UNY. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu kuisioner, wawancara dan observasi. Analisis data dengan melakukan pereduksian data, penyajian data, pemberian kesimpulan. Hasil penelitian evaluasi manajemen di Laboratorium Klinik Terapi Fisik FIK UNY adalah sebagai berikut, (1) dalam hal context, keberadaan klinik telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian lembaga kepada masyarakat. 2) Dalam hal input, manajemen dalam kategori sangat baik (51%). 3) Dalam hal process, di Laboratorium Klinik Terapi Fisik FIK UNY memiliki program dalam kategori baik (64%). 4) Dalam hal product, hasil layanan masuk dalam kategori sangat baik. Rekomendasi untuk pihak FIK UNY dan manajemen selaku pengelola adalah perlunya perbaikan pada tempat tunggu pasien yang diperluas dan sarana prasarana secara berkala dilakukan pengececkan.

Management evaluation and treatment of muskuloskeletal injury physical therapy clinic FIK UNY with CIPP model

Abstract: The research was purposed 1) know the evaluation of management and treatment of musculoskeletal injury in Phisical Therapy Clinic FIK UNY seen from the context, 2) know the evaluation of management and treatment of musculoskeletal injury in Phisical Therapy Clinic FIK UNY seen from the input, 3) know the evaluation of management and treatment of musculoskeletal injury in Phisical Therapy Clinic FIK UNY seen from the process, 4) know the evaluation of management and treatment of musculoskeletal injury in Phisical Therapy Clinic FIK UNY seen from the product. This research using evaluative design with qualitative and quantitative descriptive approach. The subject of this research is manager patients of Physical Therapy Clinic FIK UNY, masseur patients of Physical Therapy Clinic FIK UNY, and patients of Physical Therapy Clinic FIK UNY. Data collection technique is done by three methods, namely questionnaire, interview and observation. Data analysis includes data reduction, data presentation, conclusion drawing. The results of the management evaluation of the Physical Therapy Clinic of FIK UNY are as follows, 1) In term of the context, the operation of Physical Theapy Clinic FIK UNY has been in accordance with the needs of the community and aims to provide services to the community as a form of community service, 2) In term of the input, the management of the input is in a very good category (51%)., 3) The management of the process is in a good category (64%). 4) The product management is in a very good. Recommendations for the FIK UNY and management as managers are the need for improvements to the expanded patient waiting area and periodic checks on infrastructure facilities.

Page Range

268-278

Issue

2

Volume

9

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v9i2.43139

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/43139

References

Al-Khathami, A. D. (2012). Evaluation of Saudi family medicine training program: The application of CIPP evaluation format. Medical Teacher, 34(sup1), S81-S89.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Barnes, P. M., Powell-Griner, E., McFann, K., & Nahin, R. L. (2004). Complementary and alternative medicine use among adults: United States, 2002. Seminars in Integrative Medicine, 2(2), 54-71.

Chairawati, F. (2014). Evaluasi pembelajaran pada kelas internasional fakultas dakwah IAIN Ar-Raniry. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(1).

Chyung, S. Y. (2015). Foundational concepts for conducting program evaluations. Performance Improvement Quarterly, 27(4), 77-96.

Dahlan, M. (2019). Analisis hubungan antara budaya organisasi dan implementasi innovation types dan dampanya pada kinerja manajer. Sosiohumaniora, 21(1), 78-82.

Ernst, E. (2000). Prevalence of use of complementary/alternative medicine: a systematic review. Bulletin of the World Health Organization, 78, 258-266.

Falaahudin, A., & Sugiyanto, F. X. (2013). Evaluasi program pembinaan renang di klub tirta serayu, tcs, bumi pala, dezender, spectrum di provinsi jawa tengah. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 13-25.

Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan & loyalitas mahasiswa (studi pada mahasiswa strata i fakultas ilmu sosial dan ilmu politiku niversitas merdeka malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1).

Hakan, K., & Seval, F. (2011). CIPP evaluation model scale: development, reliability and validity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 592-599.

Hartono, A. R., & Setiawardani, M. (2017). Pengaruh evaluasi kinerja terhadap komitmen organisasional karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(1), 73-85.

Hasan, A., Yasin, S. N. T. M., & Yunus, M. F. M. (2015). A conceptual framework for mechatronics curriculum using Stufflebeam CIPP Evaluation Model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 844-849.

Irmansyah, J. (2017). Evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pantai. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12759

Jusuf, J. B. K., Raharja, A. T., Mahardhika, N. A., & Festiawan, R. (2020). Pengaruh teknik effleurage dan petrissage terhadap penurunan perasaan lelah pasca latihan Pencak Silat. Jurnal Keolahragaan, 8(1), 1-8.

Kirana, K. C., & Ratnasari, R. T. (2017). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM). Gosyen Publishing, Sleman Yogyakarta.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika, 45.

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Musanto, T. (2004). Faktor-faktor kepuasan pelanggan & loyalitas pelanggan: studi kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 6(2), 123-136.

Ningsih, D. A., Imron, A., & Triwiyanto, T. (2018). Hubungan persepsi tentang kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa sekolah menengah kejuruan negeri. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 245-254.

Pawestriningtyas, N. C., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan nasabah (survei pada nasabah perum pegadaian kantor cabang syariah tlogomas malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(2), 39-46.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.

Sofyan, I. L., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2013). Pengaruh fasilitas & kualitas pelayanan terhadap loyalitas, melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada star clean car wash Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. Guilford Publications.

Tunggul, A. M., Isnanto, R., & Nurhayati, O. D. (2016). Evaluasi kinerja organisasi publik dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard dan analytic network process. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 6(2), 124-132.

Utomo, A., & Kushartanti, B. M. W. (2019). Efektivitas massage frirage dan kombinasi back massage-stretching untuk penyembuhan nyeri pinggang. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 43-56.

Share

COinS