•  
  •  
 

Keywords

pengembangan, perilaku hidup bersih dan sehat, siswa TK

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat digunakan guru TK dalam pembelajaran kesehatan. Modul pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai tambahan referensi guru TK tentang pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini melalui sepuluh tahapan dengan mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Hasil penelitian berupa modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat pada TK kelompok B yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, serta mudah, menarik, dan menyenangkan bagi siswa TK

Kata Kunci: pengembangan, perilaku hidup bersih dan sehat, siswa TK

Developing a Module for Clean and Healthy Life Behaviors for Kindergarten

Abstract

This research aims to produce a module for the learning of clean and healthy life behaviors that kindergarten teachers can use in health learning and as an additional reference of clean and healthy life behaviors. This study was a research and development conducted in tenssteps by adapting educational research and development according to Gall, Gall, & Borg's model. This was a research and development study employing the steps of: (1) potentials and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) product revision, (6) product tryout, (7) product revision, (8) product tryout, (9) product revision, and (10) mass production. The result of the study is a module of clean and healthy life behavior for the Group B Kindergarten that is in accordance to the Educational Unit Level Curriculum (KTSP, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) and the growth and development characteristics. The module itself will be easy, interesting and enjoyable for kindergarten students to read.

Keywords: development, clean and healthy life behaviors, kindergarten students

Page Range

90-99

Issue

1

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v5i1.12807

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/12807

References

Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. (2013). NSPK (norma, standar, petunjuk, dan kriteria): Petunjuk teknis penyelenggaraan taman kanak kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Formal dan Non-Formal.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research : An introduction. Pearson/Allyn & Bacon.

Sadiman, A. S. (2003). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo, dkk. (2005) Desain pembelajaran: evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik: Bagi anak usia dini TK/RA dan anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group.

Share

COinS