Keywords
pengembangan, tarian bonet, kebugaran jasmani, sekolah dasar
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran Penjasorkes di sekolah dasar (SD) yang layak digunakan guru sekolah dasar sebagai salah satu bentuk model pembelajaran Penjasorkes yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 20 siswa SD Inpres Oebesa Soe. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 25 siswa SD Inpres Oefatu Soe. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) angket, (2) lembar pedoman observasi tarian bonet, dan (3) lembar format penilaian anak. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan senam tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran Penjasorkes di SD. Produk penelitian pengembangan berupa buku pedoman senam tarian bonet dan DVD pembelajaran senam tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran Penjasorkes di SD. Dari hasil penilaian para ahli, dapat ditarik kesimpulan bahwa model tarian bonet untuk kebugaran jasmani yang dibuat layak digunakan untuk pembelajaran Penjasorkes di SD.
Kata Kunci: pengembangan, tarian bonet, kebugaran jasmani, sekolah dasar
Developing Bonet Dance for Physical Fitness in Physical Education in the Elementary School
Abstract
This study aims to produce a model of bonet dance for physical fitness in physical education in elementary school appropriate as a form of learning models which are varied and fun. This developmental research was carried out following the steps as follows: (1) collecting information in the field, (2) conducting an analysis of the information that had been collected, (3) developing the initial products (draft model), (4) expert validation and revision, (5) small-scale field trials and revisions, (6) large-scale field trials and revisions, and (7) manufacture of the final product. The Small-scale trials were carried out to 20 studens of Oebesa Soe elementary school. Large-scale trials were conducted to 25 studens of Oefatu Soe elementary school. The data collection instruments used were; (1) questionnaire, (2) sheets of bonnet dance observation, and (3) a child assessment sheet format. The Techniques of data analysis used were descriptive quantitative analysis and qualitative descriptive analysis. This study resulted in a gymnastics bonet dance for physical fitness in physical education in elementary school. The developed product is a form of gymnastic dance manuals and instructional DVD of bonet dance for physical fitness in physical education in elementary school. From the results of the expert evaluations of the materials, it can be concluded that the developed model for physical fitness bonet dance is fit for use for teaching physical education in elementary school.
Keywords: development, bonet dance, physical fitness, elementary school
Page Range
81-89
Issue
1
Volume
5
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v5i1.12772
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/12772
Recommended Citation
Mae, R. M. (2017). Pengembangan model tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 81-89. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12772
References
Ali, M. (2014). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: Standar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Fobia, F. H. (1991). Bonet wadah komunikasi pembangunan di Timor Tengah Selatan.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research : An introduction. Pearson/Allyn & Bacon.
Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhasan. (2000). Tes dan pengukuran pendidikan olahraga. Jakarta: Kurunika.
Presiden Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.