•  
  •  
 

Keywords

demonstrasi, audio visual, persepsi kinestetik, groundstrokes tenis lapangan

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara metode demonstrasi dan metode audio visual terhadap keterampilan groundstrokes tenis lapangan, (2) Perbedaan pengaruh antara persepsi kinestetik terhadap keterampilan groundstrokes tenis lapangan, dan (3) interaksi metode latihan dan persepsi kinestetik terhadap keterampilan groundstrokes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri Petinggen dan SD Negeri Terbansari yang berjumlah 75 siswa. Sampel penelitian 40 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes persepsi kinestetik dan keterampilan groundstrokes. Instrumen dalam penelitian ini adalah horizontal liner space test dan memantulakan bola ke dinding. Teknik analisis data menggunakan ANAVA. Hasil penelitian adalah: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi dan audio visual terhadap keterampilan groundstrokes tenis lapangan (2) ada perbedaan yang signifikan keterampilan groundstrokes tenis lapangan antara siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan rendah,dan (3) ada interaksi yang signifikan antara metode latihan dan persepsi kinestetik terhadap hasil groundstrokes tenis lapangan.

Kata Kunci: demonstrasi, audio visual, persepsi kinestetik, groundstrokes tenis lapangan.

The effect of training method and kinesthetic perception groundstroke skills of elementary school students in tennis

Abstract

This study aims to investigate: (1) the difference between the effect of audio-visual methods and the demonstration of the skills of tennis courts groundstrokes, (2) the difference between the effect of kinesthetic perception of the skill of tennis courts groundstrokes, and (3) the interaction of exercise and kinesthetic perception of the skills tennis courts of groundstrokes. This study is experimental. The study population is students Petinggen Elementary School and Elementary School Terbansari totaling 75 students. The research sample of 40 students is determined by purposive sampling technique. Collecting data using kinesthetic perception tests and skills groundstrokes. The instrumen in this study is a horizontal linear space test and memantulakan balls to the wall. Analysis using ANOVA. results show that: (1) no significant difference between the methods and audio-visual demonstration of the skills of tennis groundstrokes (2) there are significant differences between the tennis groundstrokes skills of students who have a kinesthetic perception of high and low, and(3) thereis a significant interaction between training methods and kinesthetic perception of the results of tennis groundstrokes.

Keywords: demonstration, audio visual, kinesthetic perception, tennis groundstrokes

Page Range

220 - 231

Issue

2

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v4i2.10901

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/10901

References

Amien, S., & Lamere, F. (2010). Media audio dan video untuk pembelajaran. http://benramt.wordpress.com/2010/01/18/media-audio-dan-video-untukpembelajaran/diambil pada tanggal 24 Oktober 2013.

Suyitno, A. (2005). Pemilihan model-model pembelajaran matematika dan penerapannya di sekolah dasar. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES Semarang.

Saifuddin, A. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Balnavas, M. (2001). Introduction to quantitative research methods. UK: Sage Publications Ltd.

Bornemann, R., et al. (2000). Tennis course volume 1: Techniques an tactics, English language edition. Hauppauge, NY: Barron's Educational Series, Inc.

Bornemann, R., et al. (2000). Tenis course volume 2.lesson and training, English language editon. Hongkong: Barron' s Educational series, Inc.

Brown, J. (2001). Tenis tingkat pemula (terjemahan). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik: Deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media.

Hariono, A. (2008). Pengaruh metode mengajar dan koordinasi terhadap kemampuan groundstrokes petenis pemula. Tesis. Solo: Program Pascasarjana UNS.

Herywansyah. (2010). Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap hasil tembakanlay up bolabasket. Tesis. Solo: Pascasarjana UNS.

Mundaru. (2006). Olahraga alternatif badminton dan tenis. Diambil pada tanggal 13 Desember 2012 dari http://www.suara merdeka. com/harian/0603/29/ora15. htm.

Sumantri, M., & Permana, J. (2001). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Martono, N. (2012). Metode penelitian kuantitatif; analisis isi dan analisis data sekunder. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudiro. (2008). Pembelajaran teknik groundstrokes melalui metode mini tenis bagi petenis pemula. Tesis, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana. (2002). Desain dan analisis eksperimen. Bandung: Tarsito.

Sukadiyanto. (2004). Keterampilan groundstrokes petenis pemula, studi eksperimen pada siswa SD di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disertasi, tidak diterbitkan, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sukadiyanto. (2003). Teori dan metodologi melatih fisik petenis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Share

COinS