Keywords
tes, keterampilan, woodball, pemula
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan: (1) tes keterampilan olahraga woodball untuk pemula yang valid, (2) mengembangkan tes keterampilan olahraga woodball untuk pemula yang reliabel, dan (3) norma penilaian tes keterampilan olahraga woodball untuk pemula. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari enam langkah kegiatan, yaitu: identifikasi kebutuhan, analisis pengembangan produk, menulis tujuan kinerja, mengembangkan instrumen penilaian, merancang dan mengevaluasi produk, serta merevisi produk. Uji coba penelitian dilakukan di Klub Woodball Buleleng, Bali dan Klub Woodball Jepara, Jawa Tengah berjumlah 37 atlet pemula. Validasi produk didapat dari uji validasi konstruk menggunakan inter-items correlations dan uji validitas kriterium dengan mengorelasikan data hasil tes keterampilan olahraga woodball untuk pemula dengan hasil permainan 12 fairway. Menguji reliabilitas produk menggunakan teknik test-retest. Penelitian ini menghasilkan tes keterampilan olahraga woodball untuk pemula yang: (1) valid dengan koefisien validitas sebesar 0,830; (2) reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,905; dan (3) dilengkapi norma penilaian pengklasifikasian keterampilan atlet pemula.
Kata Kunci: tes, keterampilan, woodball, pemula
DEVELOPMENT OF WOODBALL SKILL TEST FOR BEGINNERS
Abstract
This study aims to develop: (1) a woodball skill test for beginners valid, (2) a woodball skill test for beginners reliabel, and (3) a woodball skill categorization for beginner athletes. This study was a research and development consisting of six steps, i.e: needs assessment, analysis of product development, writing performance strategy, developing assessment instruments, designing and evaluating instruction, and revising instruction. Research trials involved 37 beginner athletes from Woodball Club Buleleng, Bali and Woodball Club Jepara, Jawa Tengah. The validity coefficient of the test was obtained from construct validity with inter-item correlations and criterion-related validity by correlating the results of the test and the results of the game of 12 fairways. The reliability testing of the product scores used the test-retest method. The results of this study are the woodball skill test for beginners: (1)it is valid with the validity coefficient of 0.830, (2) it is reliable with the coefficient reliability of 0.905, (3) it is also accompanied with woodball skill categorization for beginner athletes. Key words: test, skill, woodball, beginner
Page Range
228 - 240
Issue
2
Volume
3
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v3i2.6254
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/6254
Recommended Citation
Dewi, P. C., & Sukadiyanto, S. (2015). PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN OLAHRAGA WOODBALL UNTUK PEMULA. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 228-240. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6254
References
Azwar, Saifuddin. (2004). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dwiyogo, Wasis D. & Kriswantoro. (2009). Olahraga woodball. Malang: Wineka Media.
Gall, M. D., Gall, J. P. & Borg, W. R. (2007). Educational research: an introduction (8th ed). New York City: Pearson Education, Inc.
HUMAS Media KONI Pusat. (16 Mei 2013). Tandiono Jecky dilantik menjadi ketua umum PB. Asosiasi Woodball Indone-sia. Diambil pada tanggal 28 Mei 2013, dari http://koni.or.id/articles/read/tandiono-jecky-dilantik-menjadi-ketum-pb.-asosiasi-woodball-indonesia.
International Woodball Federation. (2008). About IWbF. Diambil pada tanggal 30 Juli 2012, dari http://www.iwbf-woodball.org/about_IWbF.aspx.
Ismaryati. (2008). Tes dan pengukuran olah-raga. Surakarta: UNS Press.
Kriswantoro & Anas K.A. (2012). Teknik dasar bermain woodball. Semarang: IWbA.
Maksum, Ali. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Miller, David K. (2002). Measurement by the physical educator. New York City: McGraw-Hill Companies.
Nurhasan. (2001). Tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani: prinsip-prinsip dan penerapan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Ditjen Olahraga.
Reynolds, Cecil R., Ronald B. Livingston & Victor Willson. (2010). Measurement and assessment in education, second edition. New Jersey: Pearson Education.
Soetrisno. (2011). Mari bermaian woodball (let's play woodball). Semarang: Indo-nesia Woodball Association.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidik-an: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukadiyanto. (2004). Keterampilan ground-strokes petenis pemula, studi eksperi-men pada sisiwa SD di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disertasi, tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.