•  
  •  
 

Keywords

identifikasi bakat, siswa sekolah dasar, panahan.

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bakat siswa sekolah dasar (SD) pada cabang olahraga panahan di Kabupaten Manokwari. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SD negeri dan swasta di Kabupaten Manokwari. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria: (1) SD negeri dan swasta unggulan (panahan), (2) siswa yang mengikuti program pembinaan panahan Indosat, (3) sampel berjumlah 160 anak yang terdiri dari 80 laki-laki dan 80 anak perempuan, (4) siswa yang bersedia menjadi sampel dengan mengisi surat pernyataan. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan pengukuran, yang meliputi: kekuatan otot perut (sit-up/minute), kekuatan otot pung-gung (back up/minute), kekuatan otot lengan (pull strength), kekuatan otot tungkai (leg strength), kekuatan otot togok (back strength), daya tahan erobik (multistage), dan keterampilan memanah (jarak 20 meter). Analisis data menggunakan rumus T-Skor. Data diolah kemudian ditemukan hasil total skor yang seterusnya dimasukan ke rumus pengkategorian untuk diklasifikasikan. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa bakat siswa SD pada olahraga panahan, untuk: (1) anak laki-laki sangat baik (22.5%), baik (22.5%); (2) Anak perempuan sangat baik (15%), baik (30%). Penelitian ini mengungkap bahwa terdapat 45% siswa laki-laki berada di atas baik atau berbakat dan 45% siswa perempuan berada di atas baik atau berbakat.

IDENTIFYING THE ARCHERY TALENT OF ELEMENTARY STUDENTS IN MANOKWARI REGENCY

Abstract

This study is aimed to reveal the talent in archery of the students of elementary schools in Manokwari Regency. This study was a descriptive study. The method used was survey. The population was students of public and private elementary schools in Manokwari Regency. The data collection technique used was purposive sampling technique with the following criteria: (1) top public and private elementary schools (archery), (2) students who joined Indosat archery training program, (3) the sample was 160 students which consisted of 80 male and 80 female, (4) students who were willing to be the sample made written statements. The data collection instruments were test and measurement, including: abdominal muscles strength (sit-up/minute), back muscles strength (back up/minute), arm muscles strength (pull strength), leg muscles strength (leg strength), trunk muscles strength (back strength), aerobic stamina (multistage), and archery skill (20 meter distance). The data analysis technique used the T-score formula. The data were processed and then the total score was discovered and put into a categorization formula to be classified. The research results show that elementary school students' talent in archery is as follows: (1) male students talent is very good (22.5%), good (22.5%), (2) female students' talent is very good (15%), good (30%). This study reveals that 45% male students 45% female students are talented, or more than good. Key words: talent identification, elementary school students, archery.

Page Range

39 - 55

Issue

1

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v3i1.4968

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/4968

References

Arikunto, Suharsimi. (1993). Metodologi penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fauzi. (2005). Pemanduan bakat olahraga di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Olahraga Prestasi Volume 1. No 2. Juli 2005. ISSN: 0216-4493. Gerakan Nasional Garuda Mas. (2000). Pemanduan dan pembinaan bakat usia dini. Jakarta: KONI. Harsuki, H. (2003). Perkembangan olahraga terkini. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Munandar, Utami. (1985). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: Grasindo. Munandar, Utami. (2004). Pengembangan kreativitas anak berbakatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nurhasan. (2001). Tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani. Jakarta: Depdiknas. PPs UNY. (2013). Pedoman Penyusunan tesis dan disertasi. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Republik Indonesia. (2010). Undang-Undang tentang Pemuda dan Olahraga, Bandung: Fokusindo Mandiri. Ridwan. (2008). Skala pengukuran variable variabel penelitian. Bandung: Alfabeta. Rosdiani, Dini. (2012). Dinamika olahraga dan pengembangan nilai. Bandung: Alfabeta. Santoso, Dwi. (2012). Identifikasi dan pengembangan bakat. Diambil pada tanggal 6 Mei 2014/http://nurulprihatmokosangjuara.blogspot.com. Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: Lubuk Agung. Sunarno, A. & Syaifullah. (2011). Metode penelitian keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka. Tack, Kim Young. (2006). Materi penataran pelatih tingkat nasional. Jakarta: Perpani Pusat. Warsono & Sajoto, M. (2007). Materi pelatihan buku II. Jakarta: Depdiknas.

Share

COinS