•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan teknik forehand dan backhand drive tenis meja pada atlet usia dini. Penelitian ini menggunakan metode pene-litian dan pengembangan, dengan langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final. Subjek penelitian atlet tenis meja usia dini. Analisis data untuk uji validitas dilakukan dengan CVR (content validity ratio) dan reliabilitas dengan menggunakan Alpha Crobanch. Penelitian ini menghasilkan buku panduan instrumen penilain keterampilan teknik forehand dan backhand drive tenis meja untuk atlet pemula yang didalamnya berisi petunjuk penggunaan, lembar tugas siswa, pedoman penilaian, rubrik penilaian, serta tabel penyekoran, yang memiliki validitas yang tinggi (1) dan reliabilitas yang tinggi¸forehand drive sikap awal: r = 0,975, pelaksanaan: r = 0,961, gerak lanjutan: r = 0, 955. Backhand drive sikap awal: r = 0,961, pelaksanaan r = 0,974, gerak lanjutan: r = 0, 989.

Kata Kunci: instrumen penilaian teknik forehand dan backhand drive, tenis meja

Page Range

216-227

Issue

2

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v2i2.2627

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2627

References

Arikunto, Suharsimi. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta. Borg, W & Gall, M.D. (1983). Education research. New York. Interstate book manufactures. Harlen, W. (2007). Assesing of learning: Sage Publication. Merdapi, Djemari dkk (2005). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Buku Pegangan Kuliah, tidak diterbitkan. Yogyakarta: PPS UNY. Miller, David K (2002) Measurement by the physical educator, why and how, fourth edition. New York: Ny Mc. Graw Hil Payne, D.A. (2003). Applied education assesment, (2nd ed). Canada: Wadsworth/Thomson Learning Rachman, Hari Amirullah. (2007). Pengembangan alat evaluasi keterampilan softball berbasis authentic asessment. Majalah Ilmiah Olahraga, Volume 13, Nomer 3, hal 270-296. Sudjana, Nana. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Sukadiyanto. (2002). Pengantar teori dan metode melatih fisik petenis. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta. Sukadiyanto. (2005). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Yogyakarta: PKO FIK UNY. Tomoliyus. (2012). Panduan kepelatihan tenis meja bagi sekolah dasar. Makalah. Yogyakarta: FIK UNY. Zainul & Nasution. (2001). Penilaian hasil belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.

Share

COinS