Document Type
Article
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pengenalan air melalui aktivi-tas bermain bagi siswa TK (Taman Kanak-kanak) kelompok B. Model pengenalan air mengembang-kan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa TK kelompok B. Model pengenalan air diharapkan digunakan guru dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Penelitian dan pengembangan melalui 9 tahapan yang mengadaptasi model Dick & Carey. Hasil penelitian berupa model pengenalan air bagi siswa TK yang terdiri dari 6 permainan, yaitu: (1) bola warna, (2) air tumpah, (3) harta karun, (4) mandi pagi, (5) hewan laut, dan (6) balap donat dan kacang. Model disusun dalam buku pedoman berjudul "Jelajah Air". Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru dapat disimpulkan bahwa model pengenalan air bagi siswa TK sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa TK kelompok B. Selain itu, model pengenalan air dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga layak digunakan dalam pembelajaran TK kelompok B.
Kata kunci: model, pengenalan, air, TK
Page Range
204-215
Issue
2
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v2i2.2626
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2626
Recommended Citation
Utami, N. S., & Sukadiyanto, S. (2014). MODEL PENGENALAN AIR BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 204-215. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2626
References
Ambo Upe & Damsid. (2010). Asas-asas multiple research. Yogyakarta: Tiara Wacana. Azwar, Saifuddin. (2005). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Gall, Meredith D., Gall, Joyce P., & Borg, Walter R. (2003). Educational research: an introduction (7th ed). United States of America: Pearson Inc. Gilchrist, J., Gotsch, K., & Ryan, G. (2004). Neofatal and fatal drownings in recreational water settings – United States, 2001-2002. Artikel 203705094. Diambil pada tanggal 20 Mei 2013, dari http://search.proquest.com/docview/203705094?accountid=31324. Kemendiknas. (2010). Pedoman pengembangan program pembelajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas. Miller, Edward & Almon, Joan. (2009). Crisis in the kindergarten: why children need to play in school [Versi electronik]. The Education Digest, 75, 42-45. Moleong, L.J.. (2010). Metodologi penelitian kualitatif (Ed. rev.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sunarno, Agung & Sihombing, S.D.. (2011). Metode penelitian keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka.