Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah yang layak digunakan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall (1983, p.775) sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas bawah (kelas I dan II) dari SD Negeri Samirono Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 69 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas bawah (kelas III) dari SD Negeri Samirono dan siswa kelas bawah (kelas I, II dan III) dari SD Negeri Ngringin Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 140 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah, yang berisikan enam permainan, disusun dalam bentuk buku panduan. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuesioner siswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain menggunakan agility ladder untuk anak sekolah dasar kelas bawah ini dinilai baik dan efektif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata kunci: model pembelajaran motorik, aktivitas bermain, agility ladder
Page Range
194-203
Issue
2
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v2i2.2625
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2625
Recommended Citation
Kurdi, K., & Sukadiyanto, S. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN MENGGUNAKAN AGILITY LADDER UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 194-203. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2625
References
Borg W.R., & Gall M.D. (1983). Education research (4th ed.). New York: Longman Inc. Decaprio, R. (2013). Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Yogyakarta: Diva Press. Husdarta & Kusmaedi, Nurlan. (2010). Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik: Olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta. Mardapi, Djemari. (2008). Teknik penyusunan instrument tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press. Nawawi, Handari & Handari, Martini. (2006). Instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung. Sukadiyanto. (2012). Prinsip pembelajaran fisik motorik pada anak usia dini. Makalah disajikan dalam pelatihan pembelajaran fisik/motorik anak usia dini, di Universitas Negeri Yogyakarta. Sukmadinata, N.S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Thomas, J.R. (2000). Children’s control, learning, and performance of motor skills [Versi electronik]. Jounal Research Quarterly for Exercise and Sport, 71, 1-9.