Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain dan perseptual motorik terhadap keterampilan motorik siswa sekolah dasar kelas bawah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Data dikumpulkan menggunakan tes dan pengukuran, menggunakan instrument general motor ability test dan tes kemampuan perseptual motorik. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, (1) aktivitas bermain dengan alat memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan aktivitas bermain tanpa alat terhadap keterampilan motorik. (2) Terdapat perbedaan antara model aktivitas bermain dengan alat dan model aktivitas bermain tanpa alat pada kelompok kemampuan perseptual motorik tinggi terhadap keterampilan motorik. (3) Tidak terdapat perbedaan antara model aktivitas bermain dengan alat dan model aktivitas bermain tanpa alat pada kelompok dengan kemampuan perseptual motorik rendah terhadap keterampilan motorik. (4) Terjadi interaksi antara model aktivitas bermain dan kemampuan perseptual motorik terhadap keterampilan motorik.
Kata kunci: aktivitas bermain, kemampuan perseptual motorik, keterampilan motorik.
Page Range
170-181
Issue
2
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v2i2.2612
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2612
Recommended Citation
Anggita, G. M., & Rachman, H. A. (2014). PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN DAN PERSEPTUAL MOTORIK TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 170-181. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2612
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta Bullus J., Colles P. (2007). Smart Start with P.M.P a Perceptual Motor Program. 4th edition. Victoria Australia: Smart Startes. Drowatsky & Zuccato. (1967). Diambil pada tanggal 10 November 2012 dari http://hk.humankinetics.com/BiomechanicsOfMusculoskeletalInjury/pdf/lab6_1.pdf. Hartoto. (2009). Definisi Pendidikan. Diambil pada tanggal 3 November 2012 dari http://fatamorghana.wordpress.com/2009/11/02/definisi-pendidikan/. Lutan, Rusli. (2001). Asas-asas pendidikan jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas. Miller, K.D. (2000). Measurement by the physical educator why and how. New York: McGraw-Hill. Qomariyah, Nurul. (2009). Keterampilan motorik dan sikap. Diambil pada tanggal 15 November 2012 dari http://alyaqanitha.wordpress.com/2009/02/08/ketrampilan-motorik-dan-sikap/. Sudjana. (2002). Desain dan analisis eksperimen. Bandung: Tarsito.