•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan bagi anak TK untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengenal huruf, dan angka. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4), validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Uji coba penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangmalang, TK Nasional Samirono, dan TK Kartini Karanggayam berjumlah 57 anak. Teknik anlisis data yakni analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan enam macam model permainan yakni: (1) permainan Kupu-kupu Terbang, (2) permainan Lompat Kelinci, (3) permainan Pesawat Terbang, (4) permainan Lompat Balok, (5) permainan Ular dan Katak, dan (6) permainan Jalan Kepiting. Hasil penilaian para pakar dan praktisi menyimpulkan, model permainan tematik integratif sangat baik digunakan di TK.

Kata Kunci: permainan, kebugaran jasmani, huruf, angka

Page Range

130-144

Issue

2

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v2i2.2609

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2609

References

Athar, G. A. (2011). Pengembangan pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) berbasis budaya cerita rakyat melayu riau pada kelas 3 sekolah dasar. Tesis, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Borg, W.R., & Gall, M.D. (2007). Educational research: an introduction (8th). New York & London: Longman. Condro, R.M. (2009). Meningkatkan kemampuan matematika di sekolah dasar dengan menggunakan pembelajaran sosiokultural. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 3 No. 2 September. ISSN. 1979-9594, pp.166-178, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Davis., et.al. (2009). Early childhood education for sustainability: recommendations for development. International Journal of Early Childhood, Vol. 41, No. 2, 2009. Elliot, S., & Davis, J. (2009). Exploring the resistance: an australian perspective on educating for sustainability in early childhood. International Journal of Early Childhood, Vol. 41, No. 2, 2009. Joyce, B., & Weil, M. (2004). Models of teaching. Boston: Pearson Education. Inc. Morgan, P.L., et.al. (2009). Five-year growth trajectories of kindergarten children with learning difficulties in mathematics. Journal of Learning Disabilities, Volume 42 Number 4. Paiman. (2009). Olahraga dan kebugaran jasmani (physical fitness) pada anak usia dini. Jurnal Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3. Praptiningrum, N. (2009). Metode multisensori untuk mengembangkan kemampuan membaca anak disleksia di SD ingklusi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 2 September. ISSN.1979-9594. pp.179-193, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Putra, N. (2012). Research and development penelitian dan pengembangan: suatu pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Rolina, N. (2010). Model pembelajaran atraktif (atraktive learning) untuk meningkatkan minat belajar siswa taman kanak-kanak (TK). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 3 No. 2 September. ISSN. 1979-9594. Hal 135-148, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Rusijono. (2007). Pengembangan model evaluasi kebijkakan kegiatan belajar membaca di taman kanak-kanak. Jurnal Penelitian dan evaluasi pendidikan. ISSN: 1410-4725. Seefeldt, C. (2008). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks. Sugiyono. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Suharjana. (2013). Kebugaran jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media. Tomoliyus. (2012). Pembuatan alat aktivitas jasmani edukatif, kreatif dan Inovatif berbasis budaya dan lingkungan untuk anak TK. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik. Jakarta: Kencana Penada Media Group. Widoyoko, E.P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Share

COinS