Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan karate kids pada anak usia sekolah dasar (SD) kelas atas (10-12 tahun). Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan di klub Forki Kota Yogyakarta berjumlah 7 anak. Uji coba skala besar di klub Inkanas DIY berjumlah 16 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model latihan karate kids pada anak usia SD kelas atas (10-12 tahun) yaitu: (1) model latihan maegeri, (2) model latihan gyaku tsuki, (3) model latihan mawashigeri, dan (4) model latihan oi tsuki. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuesioner anak, dapat ditarik kesimpulan bahwa model latihan karate kids pada anak usia SD kelas atas (10-12 tahun) ini dinilai baik dan efektif.
Kata kunci: model latihan, karate kids
Page Range
228-240
Issue
2
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v2i2.2628
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2628
Recommended Citation
Srianto, W., & Purwanto, S. (2014). PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KARATE KIDS PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 228-240. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2628
References
Azwar, Saifuddin. (2004). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Borg, Walter R. & Gall., M.D (2003). Educational research. (an intro- duction), 7th edition. New York & London: Longman.
Goldstein, Jeffrey. (2012). Play in children’s development, health and well-being. Netherlands: Utretcht University.
Lumintuarso, Ria. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula. Yogyakarta: UNY Press.
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Mini, Rose. (2003). Perilaku anak. Jakarta: Erlangga.
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset terapan bidang pendidikan & teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Purwanto, Sugeng. (2009). Pembinaan prestasi olahraga karate. Yogyakarta: Jurnal iptek olahraga, Vol. 11, No. 2, Mei 2009, pp.171–181, UNY.
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru Ed. 2. Jakarta: Rajawali Pers
Sukadiyanto. (2002). Teori dan metodologi melatih fisik petenis. Yogyakarta:
UNY.