Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model tes keterampilan dasar futsal bagi pemain KU 10-12 tahun. Model tes disesuaikan dengan perkembangan dan karakteristik anak pada usia 10-12 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draft model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Subjek penelitian ini adalah pemain futsal kelompok usia 10-12 tahun. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dengan jumlah 10 siswa. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa SD Syuhada dan SD Negeri Lempuyangan yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebanyak 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) lembar wawancara, (2) skala nilai, (3) lembar observasi pelaksanaan dan keefektifan tes, serta (5) lembar data hasil tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu tes keterampilan dasar futsal bagi pemain KU 10-12 tahun yang dituangkan dalam buku panduan tes keterampilan dasar futsal bagi pemain KU 10-12 tahun. Uji validitas instrumen tes ditunjukkan dengan rata-rata nilai koefisien korelasi sebesar sebesar 0,765, sehingga instrumen tes dikatakan valid. Uji reliabilitas tes untuk item shooting ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,815, item waktu sebesar 0,946, dan item total sebesar 0,943, sehingga secara keseluruhan menunjukkan hasil yang reliabel. Dari hasil penilaian para ahli materi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model tes yang disusun sangat sesuai dengan karakteristik pemain KU 10-12 tahun, sehingga model tes layak digunakan.
Kata kunci: tes keterampilan dasar, futsal, karakteristik pemain KU 10-12 tahun
Page Range
32 - 45
Issue
1
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v2i1.2601
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2601
Recommended Citation
Wijayanti, D. I., & Kushartanti, B. M. (2014). MODEL TES KETERAMPILAN DASAR FUTSAL BAGI PEMAIN KU 10-12 TAHUN. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 32-45. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2601
References
Azwar, Saifuddin. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Borg, W. B. And Gall, M.D., (1983). Educational research an introduction, fourth edition. New York: Longman Inc.
Hadi, Sutrisno. (2004). Statistika jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Irawan, Andri. (2009). Teknik dasar modern futsal. Jakarta: Pena Pundi Aksara.
Irianto, Djoko P. (2002). Dasar kepelatihan. Yogyakarta: FIK UNY.
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran penilaian evaluasi pendidikan Yogyakarta: Nuha Medika.
Martens. (2004). Successful coaching. Champaign, Illinois: Human Kinetics.
Morrow, et.al. (2005) Measurement and evaluation in human performance. Champaign IL: Human Kinetics.
Murhananto. (2008). Dasar-dasar permainan futsal. Jakarta: Kawah Pustaka.
Nurgiyantoro, Burhan. (2004). Statistik terapan untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
______________. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Lhaksana, Justinus. (2012). Taktik dan strategi futsal modern. Jakarta: Be Champion.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Safrit, M. J. dan Wood, T. M. (1989). Measurement concepts in physical education and exercise science. Champaign, IL: Human Kinetics.
Scheunemann, T. (2005). Dasar sepakbola modern untuk pemain dan pelatih. Malang: Dioma.
Sudijono, Anas. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukadiyanto. (2010). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Yogyakarta: FIK UNY.
_______ (2002). Teori dan metodologi melatih fisik petenis. Yogyakarta: FIK UNY.
Sukmadinata, Nana S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tenang. (2008). Mahir bermain futsal. Bandung: Mizan.
Wahjoedi. (2001). Landasan evaluasi pendidikan jasmani. Jakarta: Grafindo Persada.
Yuliarto, Hari. (2008). Adopsi hewitt test untuk pengembangan tes keterampilan bermain tennis bagi mahasiswa FIK UNY.
Majalah ilmiah olahraga; April 2008, Vol. 14 Th.XIV,no.1, hal.72-87