Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model tes kebugaran jasmani untuk anak usia dini (4-6 tahun) yang valid dan reliabel, yang terdiri dari kekuatan otot, ketahanan otot, daya tahan aerobik, dan fleksibilitas. Penelitian ini merupakan research and development dengan pendekatan survei melalui tes pengukuran. Penelitian ini diawali dengan pembuatan draf model, validasi model oleh para ahli. Tahap selanjutnya adalah uji coba skala kecil terhadap 10 siswa dan uji coba skala besar terhadap 20 siswa. Uji coba skala kecil dilakukan di satu Taman Kanak-kanak (TK). Uji skala besar dilaksanakan di dua TK. Uji lapangan utama terhadap 310 siswa yang dilakukan di 15 TK di DIY yang ditetapkan menggunakan cluster sample technique. Validitas menggunakan face validity dan reliabilitas menggunakan test-retest. Teknik pengambilan data tes menggunakan test battery. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 16, dan z skor untuk menyamakan satuan. Hasil penelitian dan pengembangan berupa model tes dan norma kebugaran jasmani untuk anak usia dini (4-6 tahun) berupa buku pedoman tes kebugaran jasmani yang telah divalidasi ahli. Validitas tes 0,982 dan reliabilitas tes 0,930 menggunakan taraf signifikan 0,01. Model tes kebugaran jasmani yang disusun dinyatakan layak karena valid dan reliabel. Hasil pengembangan model tes kebugaran jasmani untuk anak usia dini (4-6 tahun) digunakan sebagai pedoman guru PAUD utamanya di TK dalam pemberian nilai dan perkembangan kebugaran jasmani di TK, yakni pada usia 4-6 tahun.
Kata kunci: model tes dan norma kebugaran jasmani, anak usia dini (usia 4-6 tahun).
Page Range
22 - 31
Issue
1
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jk.v2i1.2600
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2600
Recommended Citation
Prastiwi, B. K., & Suharjana, S. (2014). PEMBUATAN TES DAN NORMA KEBUGARAN JASMANI UNTUK ANAK USIA DINI (4-6) TAHUN DI PROVINSI DIY. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 22-31. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2600
References
Borg, W. R., & Gall, M. D. (Eds.). (1983). Educational research. New York: Longman Inc.
Castillo, M J. (2009). The alpha health related fitness test battery for children and adolescents. Granada: University of Granada. Diambil pada tanggal 30 Oktober 2012 dari www.thealphaproject.net.
Departemen Pendidikan Nasional Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. (2010). Tes kebugaran jasmani Indonesia untuk umur 6-19 tahun. Jakarta, 2010. Pusat kesegaran jasmani dan rekreasi: Departeman pendidikan nasioanal.
Donoghue, P. (2012). Statistik for sport and exercise studies. New York: Routledge.
Fergus, H.P. (2010). Children, play, and development. London: Sage.
Geary, C.D. (August 2000). Evolution and developmental sex differences. The Psychological Science, 7, 29-31.
Irianto, Djoko P. (2004). Pedoman praktis berolahraga untuk kebugaran dan kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.
Ningsih, Nuwu. (April 2012). Cara pengkondisian TK dalam pembelajaran fisik/motorik. Makalah disajikan pada Pelatihan Pembelajaran Fisik/Motorik Anak Usia Dini Se DIY, di Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurcahyo, Heru. (2008). Ilmu kesehatan: Untuk SMK (2rd). Jakarta: Dikmenjur.
Lutan, Rusli. (2001). Pengukuran dan evaluasi pendidikan jasmani. Bandung: Depdikbud.
Ruis Jonatan, Castro Penero & Doe. (2011). Field-based fitness assessment in young people: the ALPHA health-related fitness test battery for children and adolescents [Versi electronik]. Journal, 1, 1-2.
Santrock, J.W. (2011). Perkembangan anak. (Terjemahan Verawati Pakpahan dan Wahyu Anugraheni). Jakarta Salemba Humanika. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).
Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian (Rev. ed.). Bandung: Alfabeta.
Sukadiyanto. (April 2012). Prinsip pembelajaran fisik/motorik pada anak usia dini. Makalah disajikan pada Pelatihan Pembelajarn Fisik/Motorik Anak Usia Dini Se DIY, di Universitas Negeri Yogyakarta.
Suyanto, Slamet. (2003). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: UNY.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Tomoliyus. (April 2012). Pembuatan alat aktivitas jasmani edukatif, kreatif dan inovatif berbasis budaya dan lingkungan untuk anak TK. Makalah disajikan pada Pelatihan Pembelajarn Fisik/Motorik Anak Usia Dini Se-DIY, di Universitas Negeri Yogyakarta.