•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar untuk anak usia 2-4 tahun. Model pembelajaran gerak dasar disesuaikan dengan aspek pertumbuhan dan perkembangan serta karakteristik anak pada usianya yang dikemas melalui aktivitas fisik yang difokuskan pada gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan tujuh tahapan, yaitu: (1) pengumpulan hasil riset dan informasi, (2) analisis terhadap produk yang akan dikembangkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Subjek penelitian ini adalah anak dengan rentang usia 2-4 tahun. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran gerak dasar anak usia 2-4 tahun yang berisikan tujuh aktivitas gerak, yaitu: (1) Merayap dan Merangkak, (2) Berjalan di Atas Tali, (3) Melempar Bean Bag ke dalam Simpai, (4) Bowling Games, (5) Parachute Games, (6) Memanjat, dan (7) Melompat dan Meloncat. Kesimpulan bahwa model pembelajaran yang disusun sangat sesuai dengan karakteristik serta pertumbuhan dan perkembangan gerak anak usia 2-4 tahun serta layak digunakan untuk pembelajaran gerak dasar pada Kelompok Bermain.

Kata kunci: Model pembelajaran, gerak, usia 2-4 tahun

Page Range

11 - 21

Issue

1

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v2i1.2566

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2566

References

Adi, W, dkk. (2007). Pendidikan taman penitipan anak/kelompok bermain. Yogyakarta: PGTK FIP UNY.

Allen dan Lynn. (2010). Profil perkembangan anak: prakelahiran hingga usia 12 tahun (terjemahan dalam bahasa Valentino). Jakarta. Indeks.

Borg, Walter R. dan Gall, Meredith, Damien. (1983). Educational research: An introduction (4thed). New York: Longman Inc.

Gabbard, Carl. et all. (1987). Physical education for children: Building the foundation. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Joyce, B. & Weil, M. (2004). Model of teaching. USA: Pearson Education, Inc.

Kogan, S. (2004). Step by step a complete movement education curriculum. USA: Human Kinetics.

Lumintuarso, Ria. (2011). Pembinaan multilateral dalam pendidikan jasmani dan olahraga prestasi. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, Jakarta. Universitas Negeri Jakarta.

Malina, Robert M, Bouchard, Oded. (2004). Growth, maturation, and physical activity. USA. Human Kinetics.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta. Nuha Medika.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: PT. Nusa Media.

Schmidt, Richard A. (2005) Motor control and learning. Los Angeles: Human Kinetics.

Sagala, S. (2012). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. (April 2012). Prinsip pembelajaran fisik motorik pada anak usia dini. Pelatihan pembelajaran fisik motorik bagi guru TK se-DIY. Yogyakarta: Pascasarjana UNY

Share

COinS