•  
  •  
 

Keywords

keterampilan, sepaksila, kemampuan koordinasi, metode latihan, metode berpasangan, metode bertiga

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan koordinasi dan metode latihan terhadap keterampilan sepaksila atlet sepaktakraw pelajar DIY. Secara spesifik untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan sepaksila ditinjau kemampuan koordinasi; (2) perbedaan keterampilan sepaksila ditinjau metode latihan; (3) ada tidaknya interaksi antara kemampuan koordinasi dan metode latihan terhadap keterampilan sepaksila pada atlet sepaktakraw pelajar DIY. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan faktorial 2x2 desain blok. Populasi penelitian ini adalah seluruh atlet sepaktakraw pelajar DIY, dan sampel diambil sejumlah 28 orang dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian: (1) ada perbedaan yang signifikan keterampilan sepaksila ditinjau kemampuan koordinasi (2) ada perbedaan yang signifikan keterampilan sepaksila ditinjau metode latihan dan (3) ada interaksi yang signifikan antara kemampuan koordinasi dan metode latihan terhadap keterampilan sepaksila pada atlet sepaktakraw pelajar DIY.

THE ABILITY OF PLAYING SEPAKTAKRAW WITHIN THE STUDENT ATHLETES OF THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA

Abstract

This study aims to investigate the effect of the coordination capabilities and training methods on the sepaksila skills of sepaktakraw student athletes in Yogyakarta Special Territiry (YST), especially to find out; (1) the difference in the sepaksila skills in terms of the coordination capabilities; (2) the difference in the sepaksila skills in terms of the training methods; (3) the interaction between the coordination capabilities and the training methods on the sepaksila skills of sepak satkraw student athletes in YST. This study employed the experimental method with the 2x2 factorial block design. The research population comprised all sepaktakraw student athletes in YST and the sampel, consisting of 28 athletes, was selected using the purposive sampling technique. The conclusions of the study are as follows. (1) There is a significant defference in the sepaksila skills in terms of the coordination capabilities; (2) There is a significant difference in the sepaksila skills in terms of the training methods; (3) There is a significant interaction between the coordination capabilities ant the training methods on the sepaksila skills among the sepaktakraw student athletes in YST. Keywords: skills, sepaksila, coordination capabilities,training method,pair method, triple method.

Page Range

142 - 155

Issue

2

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v1i2.2570

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2570

References

Darwis, Ratinus. (1991). Olahraga pilihan sepaktakraw. Jakarta:

Depdikbud. (2004). Peraturan permainan sepaktakraw. Jakarta: Depdiknas.

Harsuki. (2012). Pengantar menajemen olahraga, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA

Sukadiyanto. (2004). Keterampilan ground-strokes tennis: Model pembelajaran terbuka dan tertutup. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Thamrin, Husni. (2006). Tingkat keterampilan bermain sepaktakraw. Laporan Penelitian Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusuf, Ucup, dkk. (2001). Pembelajaran permainan sepaktakraw. Jakarta: Depdiknas

Share

COinS