•  
  •  
 

Keywords

lompat jauh gaya menggantung, metode bagian progresif

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran teknik lompat jauh gaya menggantung siswa kelas X F SMAN 1 Ceper dengan metode bagian progresif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ceper Klaten semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah kelas X F dengan jumlah siswa 23 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2012. Hasil analisis penilaian terhadap siswa-siswa kelas X F SMAN 1 Ceper pada cabang atletik lompat jauh gaya menggantung pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012, bahwa mayoritas siswa mengalami kesulitan melakukan tolakan. Hasil penelitian menunjukkan belum terjadi peningkatan hasil belajar siswa rata-rata skor pada siklus I adalah 68,75. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa rata-rata skor adalah 80,97.

IMPROVING THE LEARNING OF HANG STYLE LONG JUMP WITH PROGRESSIVE PART METHOD OF STUDENTS AT SMAN 1 CEPER

Abstract

This research is aimed to improve the implementation of hang style long jump technique with progressive part method of class XF students at SMAN 1 Ceper The type of the research is classroom action research. Classroom action research is a systematic study of improving the educational practice implementation by a group of teachers to perform actions in learning, based on their reflections on the results of the actions. This study was conducted at SMAN 1 Ceper Klaten which was in the even semester of 2011/2012 academic year and the research subject was class XF consisting of 23 students. The research was conducted from March to May 2012. Based on the assessment analysis result of class X students SMAN 1 Ceper' on athletic hang style long jump in the even semester of 2011/2012 academic year, the majority of the students have difficulty in doing repulsion. The research result shows that there is not yet an increase of the students' learning result, the average score in Cycle I is 68.75. In Cycle II there is an increase of the students' learning result, the average score is 80.97 Keywords: hang style long jump, progressive part method

Page Range

84 - 103

Issue

1

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v1i1.2348

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2348

References

Depdiknas. (2007). Standar kompetensi dan kompetensi dasar tingkat SD/MI (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2003). Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran pendidikan jasmani. Kurikulum 2004 SMA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Kemmis, S. dan Taggart, R. (1988). The action research planner. Deakin : Deakin University.

Sugiyanto. (2007). Metodologi penelitian. Surakarta: UNS Press.

Tim Bina Karya Guru. (2004). Penjasorkes untuk sekolah dasar kelas 5. Jakarta: Erlangga.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PPS UPI dan Remaja Rosda karya.

Share

COinS