Keywords
praktik kerja industri, berbasis mutu, survey
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencaanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Survey dan Ex Post Facto. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan merangkum hasil wawancara dan dokumentasi untuk diolah dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencaanaan praktik kerja industri berbasis mutu SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui koordinasi tim, sosialisasi, pembekalan pihak internal dan eksternal untuk siswa, inventarisasi DU/DI (2) pengorganisasian praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui koordinasi koordinator Tim yang jelas, (3) pelaksanaan praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui pengelompokan siswa, pelepasan siswa, monitoring, penarikan siswa. Siswa melaksanakan prakerin selama 3 bulan, (4) evaluasi praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui rapat evaluasi yang melibatkan tim Prakerin, manajemen sekolah, pihak jurusan.
First Page
83
Last Page
91
Page Range
83-91
Issue
1
Volume
4
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v4i1.28257
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/28257
Recommended Citation
J. Suharjanto and M. Munir, "Pengelolaan Praktik Kerja Industri Berbasis Mutu di SMK Negeri 3 Wonosari,", vol. 4, no. 1, pp. 83 - 91, Dec 2019.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i1.28257
References
S. N. RI, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,”2003.
S. J. D. RI, “Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Risalah Rapat Paripurna ke-5 Sidang Tahunan MPR Tahun 2002 sebagai Naskah Perbantuan dan Kompilasi Tanpa Ada Opini),”Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, 2002. [Online]. Available: http://www.dpr.go.id/jdih/uu1945.
S. N. RI, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan. Indonesia, 2005.
P. Utami, G. P. Cikarge, M. E. Ismail, and S. Hashim, “Teaching Aids in Digital Electronics Practice through Integrating 21st Century Learning Skills using a conceptual approach,”in Journal of Physics: Conf. Series, 2018, pp. 1–9.
N. Susana, “Pengelolaan Praktik Kerja Industri,”Manajer Pendidik., vol. 10, no. 6, pp. 579–587, 2016.
T. M. Amirin, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2010.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2014.
A. N. Faizal, Burhanuddin, and Sultoni, “Manajemen praktik kerja industri,”J. Adminitrasi dan Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 139–149, 2018.
S. Hashim, M. H. A. Rahman, D. Nincarean, N. F. Jumaat, and P. Utami, “Knowledge Construction Process in Open Learning System among Technical and Vocational Education and Training (TVET) Practitioners,”J. Tech. Educ. Train., vol. 11, no. 1, pp. 73–80, 2019.
S. T. Safitri and D. Supriyadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall,”J. Infotel, vol. 7, no. 1, pp. 69–74, 2015