•  
  •  
 

Keywords

Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Pengembangan Profesionalisme Guru SMK

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatihan dan implementasinya tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelatihan diikuti 25 guru terdiri guru normatif, adaftip dan produktip. Kegiatan pelatihan meliputi ceramah, diskusi, penyusunan proposal dan pendampingan pelaksanaan PTK. Materi pelatihan meliputi: (1) Permasalahan Pembelajaran Vokasional di Indonesia, (2) Penggalian Masalah Penelitian, (3) Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan, (4) Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, (5) Ragam Karya Ilmiah dan (6) Penyusunan Jurnal Hasil Penelitian. Kegiatan pelatihan secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik. Guru-guru jadi lebih termotivasi dalam melakukan PTK karena lebih memahami terkait model dan implementasi PTK. Tanggapan guru terhadap pelaksanaan pelatihan: (1) penguasaan materi narasumber 3.73; (2) waktu pelaksanaan 3,23; (3) cara penyampaian 3,5; dan (4) keseusian tema dan materi 3,64 dengan rerata 3,53 dari skala penilaian 1-4 dalam kategori kinerja sangat baik. Ditinjau dari kemanfaatan pelatihan mendapat tanggapan guru: (1) penambahan wawasan guru tentang PTK 3,55; (2) kejelasan tentang permasalahan pembelajaran vokasional, 3,32; (3) wawasan cara menggali masalah penelitian 3,18; (4) kejelasan penyusunan scenario tindakan 3,32; (5) kejelasan penyusunan proposal PTK 3.32; dan ( 6) kejelasan penyusunan laporan PTK 3,32. Rerata hasil penilaian 3,33 pada skala penilaian 1-4 dalam kategori pemberian manfaat yang baik.

First Page

61

Last Page

64

Page Range

61-64

Issue

2

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v3i2.23460

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/23460

References

A. Mudhofir, Pendidik profesional: konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

R. A. Sani, “Inovasi pembelajaran,” Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

A. Jihad, Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Erlangga, 2013.

D. Koehn, Landasan Etika Profesi. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

N. Sudjana and H. U. Laksamana, “Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit,” Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2001.

D. H. W. Sanjaya, Penelitian tindakan kelas. Prenada Media, 2016.

D. Hopkins, “Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

S. Suwandi, “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah,” Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon, vol. 13, 2009.

R. Wiriaatmadja, “Metode penelitian tindakan kelas,” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Share

COinS