Keywords
Arduino Nano, Fuzzy Logic, Media Pembelajaran, Praktik Sistem Kendali Cerdas
Document Type
Article
Abstract
Dewasa ini berbagai aplikasi dalam bidang industri yang canggih banyak menggunakan kecerdasan buatan. Mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika & Informatika FT UNY memerlukan sebuah media pembelajaran yang terintegrasi antara hardware dan software agar kualitas pembelajaran sesuai dengan tuntutan dunia Industri. Hasil penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran kendali fuzzy logic yang teruji kinerja dan kelayakannya pada mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas. Pendekatan penelitian menggunakan Research and Development dengan 9 tahapan prosedur pengembangan meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, dan (9) revisi produk. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) media pembelajaran kendali fuzzy logic yang dirancang terdiri dari hardware berbasis Arduino Nano dilengkapi jobsheet dengan pemrograman menggunakan Arduino IDE dan library yang mudah untuk dipelajari, (2) Unjuk kerja media pembelajaran sudah berfungsi dengan stabil baik pada setiap bagian maupun secara keseluruhan, (3) Tingkat kelayakan media dan materi memperoleh nilai 86% dan 96%. Tingkat kelayakan pemakaian berdasarkan uji pemakaian kepada 15 mahasiswa diperoleh nilai 85% termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini berarti media pembelajaran ini sangat layak digunakan pada mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas.
First Page
39
Last Page
45
Page Range
39-45
Issue
1
Volume
3
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v3i1.19739
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/19739
Recommended Citation
H. Prabowo and F. Arifin, "Pengembangan Media Pembelajaran Kendali Fuzzy Logic Berbasis Arduino Nano Pada Mata Kuliah Praktik Sistem Kendali Cerdas,", vol. 3, no. 1, pp. 39 - 45, Dec 2018.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.19739
References
Destiana, Bonita &Utami, Pipit. Urgensi kompetensi pedagogik guru vokasional pada pembelajaran abad 21. Yogyakarta. 2017, Vol. 2. No. 2, 211-222, ISSN 2477-2399 (online), ISSN 2580-6424 (print).
Rusman.Manajemen Kurikulum (Seri Manajemen Sekolah Bermutu). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.
Arsyad, Azhar.Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Utami, Pipit.Usaha penyiapan lulusan LPTK melalui need assessment analysis alat bantu praktik instrumentasi. Yogyakarta: s.n., 2015. Seminar Nasional ELINVO. Vol. 1, 101-113. ISSN: 2477-2402.
Arduino.Datasheet arduino. Arduino.cc. [Online] 2010. [Diakses pada: Januari 10, 2018.] dari https://www.arduino.cc/.../ datasheets/LEDRGB-L-54A4SURK.pdf.
Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta, 2015.