•  
  •  
 

Keywords

Media Pembelajaran, Adobe Flash CS3, Kelayakan

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran pengenalan corel draw berbasis Adobe Flash CS3 untuk siswa kelas X jurusan multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara; dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi sebagai bahan ajar bagi siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pengenalan CorelDraw pada mata pelajaran Desain Grafis menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang berisikan tujuh kompetensi dasar dan dilengkapi dengan video tutorial. Pada media pembelajaran ini juga terdapat tutorial membuat sebuah objek untuk latihan dan latihan soal evaluasi; dan (2) tingkatkelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar 88 % dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 82,5 % dengan kategori sangat layak, dan penilaian siswa terhadap media pembelajaran sebesar 81 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran interaktif pengenalan corel draw berbasis Flash layak digunakan sebagai alat bantu mengajar dalam proses pembelajaran di sekolah.

First Page

183

Last Page

189

Page Range

183-189

Issue

2

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v2i2.17312

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/17312

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Gagne amd Briggs.L.J.1979. Principles Of Instructional Design. New York : Holt Rinehart and Winston.

Munir, Muhammad. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing.Journal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.22 (2), 184-190.

Mustholiq, Imam, dkk. 2007.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Journal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 16 (1), 1-18.

Pujiriyanto. 2012. Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Gafur. 2001. Desain Instruksional (Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Kegiatan Belajar dan Mengajar). Solo: Tiga Serangkai.

Knirk, F.G. dan Gustafson, K.L. 2005. . Instructional Tecnology a Systematic Approach to Education. New York: Hlt Rinehart and Winston.

Mardalis. 2004. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman, Arif, dkk. 2011.Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Ed. 1-15 Jakarta: Rajawali Pers. Rajagrafindo Persada

Share

COinS