Keywords
Project Based Learning, Elektronika, kemampuan dasar
Document Type
Article
Abstract
Terdapat gap antara lulusan LPTK dengan dunia kerja. Hal ini dilihat dari kemampuan dasar mahasiswa untuk menyelesaikan kasus elektronika dan menerjemahkan tantangan ke bentuk proyek. Di sisi lain Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika mewajibkan menempuh mata kuliah Sistem Komunikasi Bergerak dan Seluler. Melihat pada materi perlu penguatan dalam upaya penyerapan materi. Hal ini penting karena mahasiswa di semester 4 sudah memasuki masa pengambilan konsentrasi dalam bidang telekomunikasi tetapi belum banyak memiliki pengalaman terkait materi. Penelitan ini menggunakan desain Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart yang dipadukan dengan model Project Based Learning (PJBL). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah mahasiswa semester empat Prodi. Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY, dengan populasi 12 orang terdiri dari 3 perempuan dan 9 laki-laki berlokasi di Laboratorium Telekomunikasi Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY. Hasil pelaksanaan pembelajaran MK Telekomunikasi Bergerak dan Seluler berbasis model Project Based Learning mampu meningkatkan daya-upaya mahasiswa dalam mendesain proyek. Dalam waktu empat pertemuan menyelesaikan satu proyek, dengan hasil evaluasi kemampuan meningkat 1,75 poin atau setara 8,28%.
First Page
169
Last Page
177
Page Range
169-177
Issue
2
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v2i2.17310
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/17310
Recommended Citation
A. A. Baiti, "PENINGKATAN KETRAMPILAN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN GPRS - 3G SURVEILANCE SYSTEM PADA MATA KULIAH KOMUNIKASI BERGERAK DAN SELULER,", vol. 2, no. 2, pp. 169 - 177, Dec 2017.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17310
References
Abdul Majid. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung: PT. REMAJA Rosdakarya.
Adler,J.,Azhar M., Supatmi S. 2013. Identifikasi Suara dengan MATLAB sebagai Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan.
Ariyadi, R.,PurnomoM.H., RamadijantiN., &Dewantara, B.S. 2010.Pengenalan Rasa Lapar Melalui Suara Tangis Bayi Umur 0-9 Bulan dengan Menggunakan Neural Network.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Bermawy Munthe. 2009. Desain pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Cahyani, N.I. 2010. Penggunaan Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 1 Karangwader Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan TA 2009/2010.
Chaeruman. 2008. Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2010.Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djuwairiyah, Siti. 2007. Penerapan Metode Belajar Aktif Sebagai UpayaMembantu Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas 6.http://media.diknas.go.id/media/docum ent/5302.pdf. diakses pada tanggal 30 Oktober 2017 Pukul 11.45 WIB.
Eveline Siregar & Hartini Nara. 2010. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Fausett, L. 1994. Fundamental of Neural Network. New Jersey: Prentince Hall International Edition.
Hanafiah, Nanang. &Cucu, Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung.
Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Kunandar. 2014. Penilaian autentik. rev.ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Made Wena. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Masayu Leylia Khodra. 2010. Reinforcement learning. 2003: hal. 3-9. Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.
Muh. Rais. 2010. Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makalah disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya: Unesa.
Muhammad Thabrani & Arif Mustofa. 2013. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nanang Hanafiah &Cucu Suhana. 2009. Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nana Sudjana. 2011. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 2012. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pressman, R.S. 2007. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku1).
Martin, J. 1990. Information Engineering: Book II –Planning and Analysis, Prentice-Hall.Yogyakarta: Andi.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Dosen Abad 21. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Setya Purnawan. 2010. Peningkatan Motivasi Belajar Penerapan Dasar-dasar Elektronika melalui Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) di SMK Muhammadiayah Prambanan. Skripsi: Tidak diterbitkan.
Smaldino, E.S., Russel, J.D., Heinich, R., 2004. Instructional Media and Technologies for Learning (8thEdition). New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Sukardjo &Lis Permana Sari.2009.Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.Sukardi. 2013. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Winataputra, U. S. dkk. 2008. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Wiryadinata, R. 2005. Simulasi Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Metode Backpropagation Sebagai Pengendali Kecepatan Motor DC