Keywords
VCR, Lalu Lintas, Time Series
Document Type
Article
Abstract
Kepadatan lalu lintas atau biasa dikenal dengan istilah kemacetan merupakan kondisi dimana terjadinya penumpukan kendaraan disuatu ruas jalan tertentu, hal ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain jumlah kendaraan yang berada dalam ruas jalan tersebut. Sumber data dari riset ini langsung diperoleh dari Dinas Perhubungan DIY. Analisis data time series digunakan untuk meramalkan jumlah kendaraan pada siang hari dan analisis VCR disini untuk klasifikasi kondisi jalan tersebut. Berdasarkan analisis data time series menggunakan metode trend, data jumlah motor yang melalui Jalan Adisucipto pada pukul 12.30-14.40 cenderung mengalami penurunan. Berdasarkan analisis VCR, jumlah kendaraan mencapai puncaknya pada pukul 15.30-17.00 dan termasuk pada kelas F (sangat butuk), yaitu kondisi arus dipaksakan, kecepatan rendah, volume diatas kapasitas dan antrian panjang (macet).
First Page
130
Last Page
137
Page Range
130-137
Issue
2
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v2i2.17838
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/17838
Recommended Citation
A. R. Wibowo, "ANALISIS DATA TIME SERIES DAN VCR KEPADATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN ADISUCIPTO DEPAN AMBARUKMO PLAZA),", vol. 2, no. 2, pp. 130 - 137, Dec 2017.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17838
References
Ignatia Yolanda,Kartono, Sunarsih.2011. Analisis KepadatanLalu Lintas di Perlimaan Jalan (studi kasus di jalansoekarno hatta-tlogosari-supriyadi-medoho).
Julia Veronica. 2014. Analisis Tingkat Kepadatan Lalu Lintas di kecamatan denpasar barat.
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). 1997. Jakarta: DirektoratJendral Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum.
NugrohoEko, J. 2010. Hubungan Antara Kecepatan, Volume, dan Kepadatan Lalu Lintas. Jurnal Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang.
Purwanto, Heri. 1997. Aplikasi Graf Kompatibilitas Jalan Pada Penentuan Arus Lalu Lintas di PerempatanJalan. Skripsi Semarang: Program Matematika Universitas Diponegoro.
Taufiq El Rahman, I WayanMustika. 2014. Pengembangan Aplikasi Bergerak untuk Mendeteksi Tingkat Kemacetan Lalu Lintas dan Cuaca Memanfaatkan Google Maps API, Open Weather Map API, dan GPS. UGM. Yogyakarta.
Widodo, Wahyu. 2012. Analisis Volume, Kecepatan, dan kepadatan Lalu Lintas dengan Metode Greenshields dan Greenberg. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika.
Yuliaservita, Shinta.2009. Analisa Kepadatan Lalulintas Menggunakan Support Vektor Machine, IT Telkom, Bandung.