•  
  •  
 

Authors

Roviana H. Dai

Keywords

Ombudsman RI Provinsi Gorontalo, e-Report, Laporan Pengaduan Maladministrasi

Document Type

Article

Abstract

Ombudsman RI merupakan lembaga negara yang bertugas menerima laporan dugaan maladministrasi. Ombudsman RI perwakilan provinsi Gorontalo menerima jumlah laporan yang cukup signifikan setiap tahunnya yaitu 122 laporan ditahun 2014, 138 laporan ditahun 2015 dan 146 laporan sepanjang tahun 2016. Tingginya beban penyelesaian laporan setiap Asisten mengakibatkan laporan-laporan jadi tidak tertanggulangi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengusulkan sebuah sistem yang dapat menjadi early warning system, reminder/pengingat sekaligus membantu dalam monitoring laporan baik oleh internal Ombudsman maupun masyarakat sebagai Pelapor. Sistem yang akan dibuat menggunakan fitur sms gateway dan sistem berbasiskan web. Hasil dari penelitian ini yaitu dibuatkannya aplikasi e-report yang bisa membantu Pimpinan dan Asisten dalam penanganan laporan pengaduan masyarakat setiap harinya.

First Page

64

Last Page

73

Page Range

64-73

Issue

1

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v2i1.16421

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/16421

References

Alter, S. 1992. Information System A Management Prespective. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc. USA.

Faaza, F.U. 2015. SMS Gateway Untuk Verifikasi Kehadiran Dosen Dalam Information Display System Jadwal Perkuliahan Di Prodi Informatika FKI UM. Skripsi diterbitkan (Online). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/37618/. Di akses pada (16/3/2016)

Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Gelinas, U.J., Oram, A.E., Wiggins, W.P. 1990. Accounting Information System. PWS-KENT Publishing Company.

Machmud, N.P. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kos menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE). Skripsi. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Pressman, R.S. 2010. Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York.

Sumadyo, M. 2009. Rancang Bangun Sistem Pelaporan Pendapatan Harian Dengan Sms Gateway Dan Monitoring Hasil Berbasis Web Pada Perusahaan Pengisian Ban Nitrogen. Jurnal Paradigma Vol X, 212-221.

Susanto, H. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Pelaporan Perkembangan Gizi Balita Bagi Tingkat Kecamatan Pada Area Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal UdiNus Repository. Vol. 1, No. 1. http://eprints.dinus.ac.id/12738/. Di akses pada (16/3/2016)

Thoyib. 2010. Pelayanan Pelanggan Berbasis SMS Gateway. JURNAL UMB, 3

Share

COinS