Keywords
E-Learning, Schoology, Edmodo, Motivasi, Hasil Belajar
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif dan tingkat motivasi siswa SMK antara yang menggunakan metode e-learningberbasis schoology dengan edmodo.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Sampel terpilih dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design.Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk data hasil belajar kognitif, kuesioner dan wawancara untuk data motivasi. Uji validitas menggunakan Product Moment dari Pearson dan reliabilitas menggunakan Cronbach'sAlpha. Teknik analisis data menggunakan Mixed Methods. Analisis kualitatif menggunakan interactive model.Hasil penelitian adalah Pertama,Hasil belajar kognitif metode e-learning berbasis schoology lebih baik dibandingkan dengan edmodo. karena schoology mudah diakses, peserta didik mempunyai target nilai, lebih memahami pelajaran dan lebih aktif pada saat pelajarann yang berdampak pada hasil belajar kognitif. Kedua, Motivasi siswa dengan e-learning berbasis schoology lebih baik dibandingkan kelas dengan penggunaan e-learning berbasis edmodo, karena schoology membuat tertarik pada pelajaran Simulasi Digital, membuat lebih semangat, lebih senang serta mudah belajar dimanapun dan lebih termotivasi belajar. Tingkat motivasi siswa yang menggunakan e-learning berbasis schoology dan edmodo termasuk kategori sedang.
First Page
49
Last Page
58
Page Range
49-58
Issue
1
Volume
2
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v2i1.16416
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/16416
Recommended Citation
T. Tigowati et al., "E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN EDMODO: DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK,", vol. 2, no. 1, pp. 49 - 58, Dec 2017.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416
References
Ardi, P. (2017). Promoting Learner Autonomy Through Schoology M-learning Platform in an Eap Class at an Indonesian University. Teaching English with Technology, 17(2), 55-76, http://www.tewtjournal.org
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
Aminoto, T., Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 13–29.
Amiroh. (2013, 2 Januari). Antara Moodle, Edmododan Schoology. Diperoleh pada 10 Januari 2017, dari http://amiroh.web.id/antara-moodle-edmodo-dan-schoology
Aziz, A. L., Musadieq, M. Al, & Susilo, H. (2013). Sikap Pengguna E-Learning. Jurnal Administrasi Bisinis, 6(2).
Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network Edmododalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS, 6(2)
Basuki, I. & Hariyanto. (2014). Assesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Besana, S. (2012). Schoology: Il Learning Management System Diventa “social.” Strumenti, 20(1), 51–53.
Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press
Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
Castillo-Merino, D., & Serradell-López, E. (2014). An analysis of thedeterminants of students’ performance in e-learning. Computers in Human Behavior, 30, 476–484. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.06.020
Creswell, J, W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terj. Achmad Faawaid. Yogyakarta: Pustaka Belajar. (Buku asli diterbitkan 2009)
Darmawan, A. (2014). Darmawan –Pemilihan Sistem Learning Management ... Pemilihan Sistem Learning Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan Criterium Decision Plus 3.0. Faktor Exacta, 7(3), 260–270.
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dong. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Guion, L.A., Diehl, C.D., & McDonald, D. (2011). Conducting an In-depth Interview. Universitas of Florida IFAS Extension. 2-4Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/JPV.V3I1.1584
Hemalatha, S. (2015). E Learning in Health Education –Feasibility , Pros and Cons, 5(3), 34–37
Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1),32-35
Ibrahim, D. S., Suardiman, S. P., & Yogyakarta, U. N. (2014). The Effects of The Use of E-learning on The Learning Motivation And Achievment in Mathematics, Jurnal Prima Edukasia 2, 66–79.
Irawan, V, T,. Sutadji, E,. Widiyanti. (2017). Blended Learning Based on Schoology : Effort of improvement learning outcome and practicum chance in vacational high school.
Joshua, N., Swastika, P, A,. & Estiyanti, N, M. (2015). Efektivitas Penerapan E-learning menggunakan Learning Social Network Schoology di Motivasi & Prestasi Belajar di STMIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, hlm. 96-101, Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.
Kruse, K. (2013). The Benefit an Drawbacks of e-Learning. Diperoleh pada 10 Januari 2017, dari http://www.e-learningguru.com/articles/art_3.htm
Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.
Miles, M, B,. Huberman, A, M. (2009). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru.Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.
Misbahuddin,. Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Munir. (2007). Pendidikan Dunia Maya, Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imtima
Nazir, M. (2014). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurgiantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.
Pal, S. (2015). Acceptability of Semantic Web Technologies in E-Learning Environment. International Journal of Innovative Knowledge Concepts, 1(4), 47–51.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, No. 5105. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pranoto, A. dkk. (2009). Sains dan Teknologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Prawiradilaga, D, S., Ariani, D., Handoko, H. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Poon, J. (2013). Blended Learning : An Institutional Approach for Enchancing Students' Learning Experiences. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 9 (2).
Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2 (2)(2), 141.
Said, K, M. (2015). Students’ Perceptions of Edmodoand Mobile Learning and their Real Barriers towards them. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2).
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik(9th ed.). PT Indeks.
Subiyantoro, E., dkk. (2013).Simulasi Digital Jilid 1. Jakarta: Kemendikbud
Sudibjo, A., Wasis. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Dengan E-learning Berbasis EdmodoBlog Education Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Respons Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,2 (3), 187-190.
Spiegel, M, R., & Stephens, L, J. (2004). Statsitik. Jakarta: Erlangga
Sicat, A. (2015). Enhancing College Students' Proficiency in Business Writing Via Schoology.International Journal of Education and Research, 3(1).
Sulistiani, F., Sukirno. (2016). Penerapan Model Blended Learning dengan Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14 (1), 95-103.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Supranto. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, B, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widoyoko, E.P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.