Keywords
gaya belajar, keaktifan siswa, pembelajaran
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan gaya belajar pada mata pelajaran memelihara baterai di SMK Negeri 1 Saptosari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan di kelas X TKR B pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis tindakan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian: lembar observasi, angket keaktifan siswa, dan checklist dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase, selain itu juga didasarkan pada refleksi tiap siklus tindakan.
Hasil penelitian: 1) Pemanfaatan gaya belajar untuk pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan: pencarian data gaya belajar siswa, pengelompokan siswa, dan pemberian materi sesuai gaya belajar; 2) Pemanfaatan gaya belajar dapat meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan lima indikator yaitu: perhatian, kerjasama dan hubungan sosial, mengemukakan pendapat atau ide, pemecahan masalah, dan disiplin.
First Page
128
Last Page
139
Page Range
128-139
Issue
2
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v1i2.10621
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/10621
Recommended Citation
N. Wibowo, "UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI,", vol. 1, no. 2, pp. 128 - 139, Dec 2016.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
References
Anas Sudijono, (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press
Eko Widiyanto. (2015) Pengaruh Aktifitas, Kreatifitas dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Alat Ukur di SMK Institut Kotoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo
Haryanto. (2012). Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar. Artikel. Diambil tanggal 12 Februari 2015, dari http://belajarpsikologi.com
Mulyasa. (2002).Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyasa. (2004). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nana Sudjana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo
Oemar, Hamalik. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algessindo Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Usman, Uzer.(1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung