•  
  •  
 

Keywords

gaya belajar, keaktifan siswa, pembelajaran

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan gaya belajar pada mata pelajaran memelihara baterai di SMK Negeri 1 Saptosari.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan di kelas X TKR B pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis tindakan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian: lembar observasi, angket keaktifan siswa, dan checklist dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase, selain itu juga didasarkan pada refleksi tiap siklus tindakan.

Hasil penelitian: 1) Pemanfaatan gaya belajar untuk pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan: pencarian data gaya belajar siswa, pengelompokan siswa, dan pemberian materi sesuai gaya belajar; 2) Pemanfaatan gaya belajar dapat meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan lima indikator yaitu: perhatian, kerjasama dan hubungan sosial, mengemukakan pendapat atau ide, pemecahan masalah, dan disiplin.

First Page

128

Last Page

139

Page Range

128-139

Issue

2

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v1i2.10621

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/10621

References

Anas Sudijono, (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press

Eko Widiyanto. (2015) Pengaruh Aktifitas, Kreatifitas dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Alat Ukur di SMK Institut Kotoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo

Haryanto. (2012). Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar. Artikel. Diambil tanggal 12 Februari 2015, dari http://belajarpsikologi.com

Mulyasa. (2002).Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyasa. (2004). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nana Sudjana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo

Oemar, Hamalik. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algessindo Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Usman, Uzer.(1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Share

COinS