Document Type
Article
Abstract
Perkembangan sistem informasi mendukung dalam menyediakan tiket secara online dan realtime. E-commerce merupakan proses bisnis yang menggunakan internet dalam menjalankannya. Padiciti merupakan salah satu e-commerse yang menyediakan aplikasi pemesanan tiket kereta api, tiket pesawat, dan hotel. Padiciti dapat diakses melalui aplikasi smartphone dan website yang terintegrasi. Tujuan paper ini adalah untuk menganalisis sistem informasi Padiciti menggunakan metode dengan konsep Competitive Forces and Strategy. Hasil analisis menunjukkan bahwa Padiciti telah dapat menjadi sistem informasi yang sesuai dengan Competitive Forces and Strategy dengan hasil yang baik dan dapat bertahan dengan kelebihan dan kekuatan yang kompetitif. Kekuatan Padiciti terdapat pada aspek Cost Leadership, Differentiation, Innovation, Growth, Alliance, Other Strategies, Threat of New Entrants, Bargaining Power of Customers, Bargaining Power of Suppliers dan kelemahan Padiciti terdapat pada aspek Rivalvy of Competitors dan Threat of Substitute.
Kata kunci: Analisis Sistem, Competitive Forces and Strategy, E-Commerce, Padiciti
First Page
109
Last Page
117
Page Range
109-117
Issue
2
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v1i2.12559
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/12559
Recommended Citation
V. K. Hertantri, "Analisis Sistem Informasi Pada Padiciti Menggunakan Konsep Competitive Forces and Strategy,", vol. 1, no. 2, pp. 109 - 117, Dec 2016.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.12559
References
F. Mintarsih, R. Bahawarez dan S. U. Fauziah, “Analisis Perancangan Aplikasi MObile
Commerce Tiket Travel (M-Ticketing) Pada Smartphone Android (Studi Kasus : Travel Umabara Trans),” Jurnal Informatika Vol. 7 No.2 Oktober 2014, 2014.
J. A. O'Brien dan G. M. Marakas, Introduction to Information Systems, McGraw-Hill: New York, 2009. Google, Inc, “Ulasan,” Google Play, 2016.
W. Kuntjoroadi dan N. Safitri, “Analisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Usaha Penerbangan Komersial,” Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Jan—Apr 2009, hlm. 45-52, Vol. %1 dari %2Volume 16, Nomor 1, 2009.
P. Michael E, Competitive Advantage: creating and sustaining superior performance, New York: The Free Press, 1985. w3bin.com, “Who is hosting that website?,” 2016.
M Suyanto, Strategi Periklanan pada ECommercePerusahaan Top Dunia, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003.
A. Nugroho, E-Commerse Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya, Bandung: Informatika, 2006.
D. Quthni, Terminology E-commerce, 2006.
O. W. Purbo dan A. A. Wahyudi, Mengenal Ecommerce, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2001.
Rasmila, “Analisis Strategis Web E-Commece dengan Metode Value Chain Analysis (Studi Kasus PT. Sriwijaya Optimis Mandiri),” Universitas Darma Palembang, Palembang, 2016.
J. Wilkinson, “Threat of New Entrants (one of Porter’s Five Forces),” 2014 Juli 2013.
J. Hines, “Threat of Subsĕtutes (one of Porter’s Five Forces),” 24 Juli 2013.
A. Bouch, A. Kuchinsky dan N. Bhatti, “Quality is in the Eye of the Beholder: Meeting Users' Requirements for Internet Quality of Service,” CHI, pp. 297-304, 2000.