•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta meningkatkan rasa percaya diri, kerjasama,dan tanggungjawab. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Ppenelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Ini dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang aktif semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajarannya. Melalui pembelajaran dengan lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus juga dapat menumbuhkan karakter kerja mahasiswa pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan di diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif..
Kata kunci: lesson study, kualitas pembelajaran, Cooperative Learning

First Page

97

Last Page

103

Page Range

97-103

Issue

2

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v1i2.12456

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/12456

References

Arends, Richard. I. (2008). Belajar untuk mengajar. Edisi ke tujuh alih bahasa oleh helly prayitno dan sri mulyantani prayitnodari judul learning to teach (7th ed). Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index 2.htm

Davidson, N 7 Kroll, D.L. (1991). An Overview of Research On Cooperative Learning. Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eggen, P.D. & Kauchak, P.P (1998). Strategies for Teacher: Teaching Content and Thinking Skill. Boton: Alyn & Bacon.

Lewis, Catherine C. (2002), Lesson Study : A Handbook of Teacher-Led Instructional Change, Philadelphia, PA : research for better Schools,Inc. Related to Mathematics. Journal for research in Mathematics Education. 22(5):362-365.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Setneg

Republik Indonesia. 2005. Undang-undang Nomor 19 Tentang Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning, second edition. Massachusets: Allyn & Bacon.

Tantra, D.K. (2005). Peningkatan Profesionalisme Guru dengna Paradigma Baru (makalah disampaikan dalam workshop menumbuhkan komitmen guru dan pegawai SMA Negeri 3 Denpasar, pada tanggal 3 Januari 2005 di Cndikuning Tabanan)

Uhar Suharsaputra. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media.

Share

COinS