Keywords
sistem informasi, analisis kepuasan, EUCS
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh content terhadap user satisfaction; (2) pengaruh accuracy terhadap user satisfaction; (3) pengaruh format terhadap user satisfaction; (4) pengaruh ease of use terhadap user satisfaction; (5) pengaruh timeliness terhadap user satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang diambil merupakan mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang sudah menggunakan SIAKAD 2013 . Data diperoleh dengan kuesioner tertutup yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) content berpengaruh terhadap user satisfaction; (2) accuracy berpengaruh terhadap user satisfaction; (3) format berpengaruh terhadap user satisfaction; (4) ease of use berpengaruh terhadap user satisfaction; (5) timeliness berpengaruh terhadap user satisfaction.
First Page
53
Last Page
64
Page Range
53-64
Issue
1
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v1i1.13229
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/13229
Recommended Citation
h. jati, "ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) 2013 MENGGUNAKAN MODEL END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA,", vol. 1, no. 1, pp. 53 - 64, Dec 2015.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.13229
References
Aji, S. P., dan Bodroastuti, T. (2013). Penerapan Model Simulasi Antrian Multi Channel Single Phase Pada Antrian Di Apotek Purnama Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1.
Akadun. (2009). Teknologi Informasi Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Bodnar, George H., & Hopwood, William S. (2012). Accounting information systems. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.
Djemari Mardapi. (2005). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Doll, W.J., and Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End User Computing Satisfaction, MIS Quarterly (12:2).
Doll, W.J., and Torkzadeh, G. (1991) Issues and Opinions - The Measurement of End-User Computing Satisfaction: Theoretical and Methodological Issues, MIS Quarterly, 15, 5-10.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: an introduction to theory and research. Reading, Massachusetts: Addison-Wesley.
Imam Ghozali. (2011). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto HM. (2008). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.
Kerlinger, Fred N. (1979). Behavioral research: a conceptual approach. Austin: Holt Rinehart & Winston.
Lin, L. R. (1988). Educational measurement. New York: Macmillan.
O’Brien, James A. (2005). Introduction to information systems. New York: McGraw-Hill Higher Education.
Suharsimi Arikunto. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Wagiran. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: teori dan implementasi. Yogyakarta: Deepublish