Keywords
Efisiensi, produktivitas, LPTK, Data Envelopment Analysis, Malmquist Index
Document Type
Article
Abstract
Seiring meningkatnya keinginan untuk melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi bagi lulusan sekolah menengah di Indonesia dan semakin tingginya biaya yang ditanggung oleh calon mahasiswa, pemerintah dihadapkan pada kondisi untuk mendorong universitas agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan lebih produktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan metode baru penilaian efisiensi universitas Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia dengan mempergunakan Data Envelopment Analysis yang secara teknis efektif untuk menghitung efisiensi sebuah Universitas. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang dilaksanakan dalam kegiatan yang meliputi analisis kebutuhan yaitu pengkajian variabel yang akan menjadi factor penilaian efisiensi beserta mekanisme pengumpulan datanya, disain model perhitungan efisiensi dari Lembaga Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta implementasi perhitungan efisiensi dan produktivitas dari 6 Universitas LPTK negeri di Indonesia dengan Data Envelopment Analysis. Hasil dari perhitungan DEA menunjukkan bahwa Universitas di Jawa memiliki rata-rata efisiensi yang lebih baik dibanding dengan Universitas LPTK di luar Jawa.
First Page
37
Last Page
43
Page Range
37-43
Issue
1
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v1i1.10877
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/10877
Recommended Citation
H. Jati, "PENILAIAN EFISIENSI UNIVERSITAS LPTK DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS,", vol. 1, no. 1, pp. 37 - 43, Dec 2015.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10877
References
Abbott, M. & Doucouliagos, C. (2003). The efficiency of Australian universities: a data envelopment analysis. Economics of Education review,Vol. 22, No. 1,pp. 89-97.
Afonso, A. & Santos, M. (2005). Students and teachers: a DEA approach to the relative efficiency of Portuguese universities. NEP: New Economics Papers Education.
Ahn, T., Charnes, A. & Cooper, W.W. (1988). Some statistical and DEA evaluations of relative efficiencies of public and private institutions of higher learning. Socio-Economic Planning Sciences,Vol. 22, No. 6,pp. 259-269.
Altbach, P.G. (2004). The costs and benefits of world-class universities. Academe,Vol. 90, No. 1,pp. 20-23.
Breu, T.M. & Raab, R.L. (1994). Efficiency and perceived quality of the nation's "top 25" National Universities and National Liberal Arts Colleges: An application of data envelopment analysis to higher education. Socio-Economic Planning Sciences,Vol. 28, No. 1,pp. 33-45.
Coelli, T., Prasada Rao, D. S., & Battese, G. E. (1998). An introduction to efficiency and productivity analysis. Boston: Kluwer Academic.
Charnes, A.W., Cooper, W.W. & Rhodes, E. (1978). Measuring Efficiency of Decision Making Units. European Journal of Operational Research,Vol. 2,pp. 429-444.
FÃ ̧rsund, F.R. & Kalhagen, K.O. (1999). Efficiency and productivity of Norwegian colleges. Memorandum, Department of Economics, University of Oslo.
Flegg, A.T., Allen, D.O., Field, K. &Thurlow, T.W. (2003). Measuring the efficiency and productivity of British Universities: an application of DEA and the Malmquist approach. University of the West of England, Department of Economics, series Discussion Papers, No. 304.
Joumady, O. & Ris, C. (2005). Determining the relative efficiency of European Higher Education institutions using DEA. University of New Caledonia, ROA Maastricht University.
Rhodes, E.L. & Southwick, L. (1986). Determinants of efficiency in public and private universities. Department of Economics, University of South Carolina.
Tone, K. (2001). A slacks-based measure of efficiency in data envelopment analysis. European journal of operational research,Vol. 130, No. 3,pp. 498-509.