Keywords
Lesson study, kerjasama, problem based learning
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital dan menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Dilihat dari jumlah mahasiswa yang aktif semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajaran. Melalui pembelajaran lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus juga dapat menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif.
First Page
9
Last Page
16
Page Range
09-16
Issue
1
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/elinvo.v1i1.12816
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/12816
Recommended Citation
B. Wulandari et al., "Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study,", vol. 1, no. 1, pp. 9 - 16, Dec 2015.
The definitive version is available at https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.12816
References
Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arends, Richard. I. (2008). Belajar untuk mengajar. Edisi ke tujuh alih Bahasa oleh helly prayitno dan sri mulyantani prayitnodari judul learning to teach (7th ed). Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
Barbara. B. Levin. (2001). Energizing teacher education and professional development with problem based learning. Alexandria: ASCD.
Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm
Johnson & Johnson. (1991). Cooperative Learning Strategis (online): www.clcrc.com/cl.html
Lewis, Catherine C. (2002), Lesson Study : A Handbook of Teacher-Led Instructional Change, Philadelphia, PA : research for better Schools,Inc.
Linda, T. & Sara, S. (2002). Problems as possibilities: problem-based learning for K–16 education. Alexandria: ASCD.
Maggi, S. & Claire H.M. (2004). Foundations of problem-based learning. New York: Open University Press.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Slamet Mulyana. (2007). Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat
Tan, Oon-Seng. (2004). Enhancing thingking through problem-based learning approaches. Cengage Learning.