•  
  •  
 

Jurnal Keolahragaan

Keywords

permainan, teknik dasar, bola basket

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah menengah pertama. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan produk model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah menengah pertama dilakukan dalam tujuh tahapan, yaitu: (1) pengumpulan hasil riset dan informasi, (2) analisis terhadap produk yang akan dikembangkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Subjek penelitian ini adalah anak sekolah menengah pertama. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 25 siswa SMP N 4 Pandak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 56 siswa SMP N 1 Pandak dan SMP N 3 Pandak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, dan (2) pedoman observasi pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model permainan untuk pembelajaran teknik dasar bola basket di sekolah menengah pertama yang berisikan sembilan permainan, yaitu: (1) Lempar Nama, (2) Lempar Target, (3) Lempar Gerak, (4) Fun Dribbling, (5) Target Dribbling, (6) Kejar Mengejar, (7) Tembak Tongkat, (8) Rintang Tali, dan (9) Happy Game. Dari hasil penilaian para ahli dan guru, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan yang disusun sangat sesuai dengan karakteristik serta pertumbuhan dan perkembangan teknik dasar pada anak sekolah menengah pertama.

Kata Kunci: permainan, teknik dasar, bola basket

Developing Game Models for Basketball Basic Technique Learning in Junior High School

Abstract

The research aims to create game models for basketball basic learning technique in Junior High School. The research approach used is Research and Development. The development of the game model products for basketball basic technique learning process in Junior High School was devided into seven steps: (1) collecting research result and information, (2) products development analysis, (3) primary product development, (4) expert validation, (5) small-scale testing and revision, (6) large-scale testing and revision, and (7) creating final product. The research subjects are Junior High School students. The small-scale testing involved 25 students of SMPN 4 Pandak. The main field test involved 56 students of SMPN 1 Pandak and SMPN 3 Pandak. The data collecting instruments are: (1) interview and (2) learning observation. The data analysis techniques employed are descriptive quantitative and descriptive qualitative techniques. The research results are game models for basketball basic learning technique in Junior High School. There are nine game models: (1) Name Throw, (2) Target Throw, (3) Moving Throw, (4) Fun Dribbling, (5) Target Dribbling, (6) Tag Game, (7) Stick Shooting, (8) Rope Barricad, and (9) Happy Game. From the judgement result of the experts and teachers it can be concluded that the game models are very suitable for Junior High School students characteristics and also their growth and development on the basic techniques.

Keywords: games, basic technique, basketball

Page Range

12-23

Issue

1

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v5i1.12758

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/12758

References

Ahmadi, N. (2007). Permainan bola basket. Surakarta: Era Intermedia.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research an introduction. (5th Ed), Boston: White Plains-Longman Inc.

Bell, B.A. (2014). Encyclopedia of reserch design pretest-posttest design. Thousand Oaks. SAGE Publications, Inc.

Chroni, S., dkk. (2007). Function and Preferences of Motivational and Instructional Self Talk for Adolescent Basketball Players. Journal of sport psychology, 9,19.

Dwiyoga, W.D. (2004). Konsep penelitian dan pengembangan. Malang: Lemlit UM.

Kirk, R. (2002). Experimental design. Graw-Hill. USA.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Muhajir. (2006). Pendidikan jasmani olaharaga dan kesehtan SMA kelas X. Bandung: Erlangga.

Oliver. (2007). Basketball fundamental. Jakarta: Gramedia.

Saryono. (2008). Prinsip dan Aplikasi dalam Modifikasi Sarana dan Prasarana Penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 4, 44-54.

Sugiyono. (1999). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Share

COinS