•  
  •  
 

Jurnal Keolahragaan

Keywords

pengembangan, teknik dasar bulutangkis, multimedia, atlet usia 11 dan 12 tahun

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran teknik dasar bulu tangkis berbasis multimedia. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) tahap studi pendahuluan, (2) validasi ahli, (3) uji coba lapangan, dan (4) pembuatan produk akhir. Data dikumpulkan menggunakan instrumen: (1) validasi produk awal, (2) angket observasi untuk pelatih dan ahli materi, dan (3) lembar observasi respons atlet. Penelitian ini menghasilkan media untuk pembelajaran teknik dasar bulu tangkis berbasis multimedia yang dikemas dalam CD dan disertakan buku petunjuk penggunaan. Teknik dasar bulu tangkis tersebut, yaitu: (1) bentuk-bentuk pegangan raket, (2) macam-macam servis, (3) macam-macam pukulan dari atas, dan (4) macam-macam pukulan dari bawah.

Kata Kunci: pengembangan, teknik dasar bulu tangkis, multimedia, atlet usia 11 dan 12 tahun

DEVELOPMENT FOR LEARNING THE BASIC TECHNIQUES OF BADMINTON BASED ON MULTIMEDIA TO ATHLETES AGED OF 11 AND 12

Abstract

This research aimed to produce a media for learning the basic techniques of badminton based multimedia. The research and development was conducted by the following steps: (1) the introduction study phase, (2) validation of experts, (3) testing product, and, (4) creating the final product. Instruments for collecting the data were: (1) the first product validation, (2) the questionnaire observation for coach and expert, and (3) observation sheet response for athletes. This research produced a media for learning the basic technique of badminton based on multimedia that was packaged in a CD and user's guide included. The basic techniques are: (1) the forms of racket grip, (2) services, (3) a variety of overhead stroke, and (4) a variety of underhand stroke.

Keywords: development, the basic techniques of badminton, multimedia, athletes at the age of 11 and 12 years old.

Page Range

175 - 185

Issue

2

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v4i2.10893

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/10893

References

Alhusin, S. (2007). Gemar bermain bulutangkis. Surakarta: CV Seti Aji.

Ariyus, D. (2009). Keamanan multimedia (1st ed). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bappenas. (2010). Diambil pada tanggal 11 Januari 2011, dari http://kppo.bappenas.go.id/files/ringkasan-eksekutifbidang-Olahraga%202010-2014.pdf.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (2003). Educational research and introduction (7thed). New York: Longman Inc.

Dinata, M. (2006). Bulutangkis 2 (Rev. ed.). Ciputat: Cerdas Jaya.

Sahayu, W. (2013). Media pengajaran bahasa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Ismail, M. (22 Juni 2013). Teori belajar menurut jerome bruner. Diambil pada tanggal 12 Juli 2014, dari http://mohismaiel.blogspot.com/2013/06/teori-belajar-menurut-jerome-bruner.html.

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula. Yogyakarta: UNY Press.

Mustikasari, A. (2008). Mengenal media pembelajaran. Diambil pada tanggal 26 Oktober 2013, dari http://edu-articles.com/mengenal-media-pembelajaran/.

Purnama, S.K. (2010). Kepelatihan bulutangkis modern. Surakarta: Yuma Pustaka.

Smaldino, S.E., Lowther, D.L., & Russell, J.D. (2008). Instructional technology and media for learning (9th ed). Pearson: Merrill Prentice Hall.

Slavin, R.E. (1991). Educaional psychology: theory into practice. (3rd ed.). New Jersey: Prantice Hall.

Sofyan, A.F., & Purwanto, A. (2008). Digital multimedia: animasi, sound editing, & video editing (1st ed). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sudarmawan & Ariyus, D. (2007). Interaksi manusia & komputer (1st ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, M. (2004). Analisis & desain aplikasi multimedia untuk pemasaran. (1st ed). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Suyanto, M. (2005). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing (2nd ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Winarno, et al. (2009). Teknik evaluasi multimedia pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.

Woolfolk, A.E. (2004). Educational psychology (6th ed.). Boston: Pearson Allyn and Bacon.

Yousif, B.F., & Yeh, K.S. (2011). Badminton training machine with impact mechanism. Journal of Engineering Science and Technology, 6, 61-68.

Zandem, J.W., & Pace, A.J. (1984). Educational psychology in theory and practice (2nd ed). New York: Random House, Inc.

Share

COinS