•  
  •  
 

Jurnal Keolahragaan

Keywords

model latihan, "KRIBO", lompat jauh, sprinter

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan "KRIBO" (kreatif dan inovatif dengan bola) untuk melatih power tungkai atlet atletik nomor lompat jauh dan sprinter tingkat SMP. Model latihan "KRIBO" yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh pelatih atletik sebagai salah satu bentuk model latihan yang baik dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produkawal (4) ujicoba lapangan awal (5) revisi hasil ujicoba (6) ujicoba lapangan utama (7) revisi terhadap produk (8) melakukan ujicoba lapangan operasional (9) revisi produk akhir (10) desiminasi dan implementasi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas Olahraga kelas IX SMP N 1 Ngawen yang berjumlah 10 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas Olahraga kelas IX SMP N 1 Ngawen dan SMP N 1 Playen, yang berjumlah 20 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan pelatih kelas olahraga cabang atletik, ditarik kesimpulan bahwa pengembangan model latihan ini sangat baik dan efektif.

DEVELOPING "KRIBO" MODEL FOR ATLETHIC POWER LEG TRAINING OF LONG JUMP AND SPRINTER FOR JUNIOR HIGH SCHOOL SPORT CLASS

Abstract

This reseach aims to produce "KRIBO" ( kreatif dan inovatif dengan bola) training model to train atletic of long jump and sprinter for junior high school sport class. The development of this model is expected to become a satisfactory and effective training model. This research and development was conducted by adapting the research as follows: (1) Research and information collection. (2) Planning (3) Develop preliminary form of product (4) Preliminary field testing (5) Main product revision (6) Main filed testing (7) Operasional product revision (8) Operational field testing (9) Final product revision (10) Dissemination and implementation. The small-scale field trial was done by 10 students of grade IX class in SMP N 1 Ngawen. The large-scale field trials were done by 20 students of grade IX in SMP N 1 Ngawen and SMP N 1 Playen. The data collecting instruments were: (1) interview guide, (2) a value scale, (3) observation guide of the model, (4) an observasion guide of the model's efectiveness, (5) a guestionnaire for the students. The data analysis method was a guantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. Based on the data analysis derived from coach and expert assessment, it is concluded that the model is training as very satisfactory and effective. Keywords: exercise models,"KRIBO", long jump, sprinter

Page Range

16 - 28

Issue

1

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v3i1.4966

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/4966

References

Azwar, S. (2004). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Bompa. (2000). Total training for young champions. Champaign: Human kinetics.

Borg, W R. & Gall., M.D. (2003). Educational research. (an introduction7thed). New York & London: Longman.

Irianto, Djoko Pekik. (2004). Bugar dan sehat dengan berolahraga. Yogyakarta: Funfren andi.

LANKOR. (2007). Teori kepelatihan dasar. Jakarta: Kementrian Negara dan Olahraga.

Purnamo, Eddy & Dapan. (2011). Dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: Alfamedia

Riduwan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugandi, Achmad. (2004). Teori pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Suharjana. (2013). Kebugaran jasmani. Yogyakarta: Global Media.

Sukadiyanto. (2002). Teori dan metodologi melatih fisik petenis. Yogyakarta: UNY.

Sukadiyanto. (2010). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Yogyakarta: UNY.

Sukadiyanto. (2005). Model pembelajaran kemampuan koordinasi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3, 1, pp.55-66.

Sukamti, Endang Rini. (2007). Diktat perkembangan motorik. Yogyakarta: UNY.

Tegartia. (2010). Latihan kebugaran jasmani. Diunduh tanggal 14 januari 2014 jam 20.06 WIB. http://tegartia.wordpress.com/tag/ciriciri-latihan/.

Uno, Hamzah B. & Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan pendekatan pailkem. Jakarta: Bumi aksara.

Widya, Mochamad Djumidar A. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Share

COinS