•  
  •  
 

Jurnal Keolahragaan

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia pembelajaran pendidikan jasmani materi budaya hidup sehat dalam bentuk buku dan CD (Compact Disk). Jenis penelitian adalah Research and Development (R and D) dengan pendekatan survei melalui tes pengukuran. Penelitian pengembangan ini melalui empat tahapan, yaitu pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan dan tahap desiminasi produk. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Yogyakarta sebanyak 83 orang. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, serta lembar kuesioner untuk siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi oleh ahli materi menilai "Sangat Mudah". Dari ahli media menilai "Sangat Mudah". Rata-rata hasil uji lapangan kelas X menunjukkan bahwa aspek pengoperasian CD "Baik", aspek pembelajaran CD "Baik", aspek pembelajaran buku "Baik", dan aspek kemenarikan CD "Sangat Mudah". Untuk kelas XI aspek pengoperasian CD "Sangat Baik", aspek pembelajaran CD "Baik", aspek pembelajaran buku "Baik", dan aspek kemenarikan CD "Baik". Kata Kunci: Multimedia, budaya hidup sehat.

Page Range

1 – 10

Issue

1

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jk.v2i1.2565

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2565

References

Badan Narkotika Nasional. (2009). Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009,

tentang narkotika.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: an introduction. Fourth edition. New York: Longman.

Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. (2009). Theories of learning (teori belajar). Jakarta: Kencana.

Data tawuran pelajar selama 2010-2012. (27 September 2012). Tvonenews.tv dari http://video.tvonenews.tv/arsip/view/62132/2012/09/27/data_tawuran_pelajar_selama_20102012.tvOne.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004; Standar kompetensi mata pelajaran pendidikan jasmani SD dan MI. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Dahar, R. W. (1989). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran beroruentasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Winkel, W.S.. (1991). Psikologi pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Share

COinS